Rebo Kasan, Wisata Religi Di Desa Air Anyir

Tradisi Adat Rebo Kasan ini merupakan kegiatan pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah. Untuk itu Pemkab Bangka bersama masyarakat

Rebo Kasan, Wisata Religi Di Desa Air Anyir
Nurhayati / Bangkapos.com
Tokoh Masyarakat Desa Mudel membacakan doa sebelum mencelupkan kertas wafak ke dalam air, saat prosesi Tradisi Adat Rebo Kasan, Rabu (9/12/2015) di Masjid Baitul Ikhsan Dusun Mudel Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Tradisi Adat Rebo Kasan ini merupakan kegiatan pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah. Untuk itu Pemkab Bangka bersama masyarakat di Desa Air Anyir terus melestarikannya sehingga tidak hilang tertelan zaman.

Diakui Sekda Bangka H Fery Insani, Tradisi Rebo Kasan ini dilaksanakan pada hari Rabu terakhir Bulan Syafar.

Tujuannya untuk berdoa, menolak balak memohon kepada Allah SWT agar masyarakat diberikan keberkahan.

"Saya bersyukur Dusun Mudel dan dusun lainnya di Desa Air Anyir ini terus melestarikan event ini. Di Kabupaten Bangka, ini tidak hanya Rebo Kasan, tetapi Maulid Nabi, Muharram, bisa menjadi wisata religi. Makanya kita bangun sektor pariwisata ini," ajak Fery dalam sambutannya, saat acara Tradisi Adat Rebo Kasan, Rabu (9/12/2015) di Masjid Baitul Ikhsan Dusun Mudel Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Menurutnya pada acara Rebo Kasan juga ada adat Nganggung, yang terus dilestarikan untuk mempererat silaturahmi melalui adat Sepintu Sedulang.

"Kita berterima kasih kepada perangkat desa dan masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kabupaten Bangka dibawah kepemimpinan Bapak Tarmizi dan Bapak Rustamsyah ini bisa lebih baik," harap Mantan Sekda Pangkalpinang.

Dia mengajak para kepala SKPD tidak pesimis kendati menghadapi krisis ekonomi ini sehingga bisa dilewati dengan terus melaksanakan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami juga bangga kegiatan ini dihadiri bapak wakil gubernur yang sudah datang lebih awal," kata Fery.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help