Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Konsumsi Garam Berlebih

Terlalu banyak garam bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Konsumsi Garam Berlebih
nationalgeographic.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Garam lebih dari sekadar membuat rasa makanan Anda menjadi lebih lezat. Lebih dari itu, garam sangat penting bagi tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan baik.

Sodium, salah satu bahan utama dalam garam meja, berguna untuk mengatur aliran dan tekanan darah dan membantu mengirimkan pesan antara saraf dan serat otot.

Sedangkan klorida, bahan kimia lainnya di dalam garam meja, membantu proses pencernaan. Makanan Anda harus memiliki cukup garam supaya kecukupan nutrisi tetap terjaga.

BACA: Inilah Model Rambut Perempuan yang Bakal Mendominasi Tahun 2016

Tetapi, terlalu banyak garam bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Makanan olahan atau makanan siap saji di restauran tak jarang menambahkan garam lebih dari yang seharusnya agar rasa makanan menjadi lebih baik sehingga digemari banyak orang.

Akibatnya, kandungan sodium menjadi terlalu tinggi dan berefek buruk bagi kesehatan.

Sebabkan edema hingga gangguan lambung

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak sodium, tubuh akan menahan lebih banyak cairan. Itu karena ginjal, yang bertugas menyaring limbah dari darah, berusaha menjaga rasio khusus antara elektrolit, seperti sodium dan kalium terhadap air.

Adanya garam berlebih, berarti ginjal menyimpan lebih banyak air dan ini bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan, seperti edema (pembengkakan di tempat-tempat seperti tangan, lengan, kaki, dan pergelangan kaki).

BACA: Rasakan Pijatan Di Spa Ini, Tubuh Yang Lelah Jadi Segar Kembali

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved