Arif Kianjaya Pimpin Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah

Arif Kianjaya dilantik menjadi ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Bangka Belitung periode 2015-2018.

Arif Kianjaya Pimpin Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah
bangkapos.com/Khamelia
Ketua Umum IPPAT, Syafran Sofyan menandatangani berita acara pelantikan ketua IPPAT Babel, Arif Kianjaya. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM,  BANGKA -- Arif Kianjaya dilantik menjadi ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Bangka Belitung periode 2015-2018.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum IPPAT, Syafran Sofyan, Sabtu (12/12), di Soll Marina Bangka. Pada kesempatan itu juga dilantik majelis kehormatan IPPAT. Acara dihadiri Kakanwil BPN Babel, Yusuf Purnama dan kepala kantor pertanahan kota dan kabupaten.

PPAT adalah Pejabat Umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah

Syafran berharap ketua IPPAT Babel terpilih bisa mengakomodasi kepentingan seluruh anggota melalui penyempuranaan peraturan serta pembinaan hubungan dengan lembaga-lembaga terkait.

"Tugas PPAT masih banyak yang perlu diperkuat melalui dukungan institusi organisasi yang kuat agar anggota tidak mudah dan lemah dalam menghadapi persoalan," ungkapnya.

Syafran berharap profesi PPAT mendatang menjadi kuat dari sisi peraturan, kuat dari sisi kelembagaan dan kuat dari sisi profesionalisme.

"Dengan begitu keberadaan IPPAT bisa memberikan pelayanan seluas-luasnya bagi masyarakat," ungkapnya.

Syafran menyatakan, dirinya ingin menciptakan IPPAT yang baru dan besar sesuai dengan jargon, bangkit, regenerasi, unggul.

"Selama satu dekade IPPAT tertidur, sehingga tidak begitu dikenal oleh lembaga penegakan hukum, untuk itu IPPAT sekarang harus berubah, kita harus unggul, tidak boleh hanya dijadikan objek," ujarnya.

Untuk melindungi profesi PPAT pihaknya kata Syafran sudah mengajukan RUU PPAT. Sehingga seorang PPAT tidak mudah disalahkan dalam menjalani profesinya.

Kakanwil BPN Babel, Yusuf Purnama mengucapkan selamat kepada ketua IPPAT terpilih. Dia mengapresiasi hubungan antara PPAT dan BPN Babel selama ini terjalin harmonis.

"Kalau di luar sering terdengar hubungan tidak sinkron antara PPAT dan BPN, tetapi di Babel tidak seperti itu, kita patut bersyukur karena sesungguhnya PPAT ini membantu sebagian tugas BPN, satu kesatuan dalam melayani masyarakat," ungkapnya.

Diakui Yusuf tugas kedepan masih sangat berat, masyarakat butuh sentuhan tangan untuk itu kehadiran IPPAT diharapkan bisa bermanfaat.

Penulis: khamelia
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved