Naga Puako Bisa Marah Jika Teluk Kelabat Ditambang

Ditengah pro dan kontra tersebut ada yang menarik untuk Teluk dijuluki Gubernur Jenderal Ingris Stanford Rafles Port of Welington ini. Sebuah Naga

Naga Puako Bisa Marah Jika Teluk Kelabat Ditambang
bangkapos.com/Iwan S
Pemandangan di salah satu sudut Pulau Lampu, titik terluar Teluk Kelabat di Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Nama Teluk Kelabat akhir-akhir ini mencuat ke permukaan menyusul adanya pro dan kontra mengenai rencana penambanagn yang akan dilakukan Kapal Isap Produksi (KIP) di dalam kawasan ini.

Ditengah pro dan kontra tersebut ada yang menarik untuk Teluk yang dijuluki Gubernur Jenderal Ingris Stanford Rafles Port of Welington ini.

Masyarakat setempat secara turun temurun mengenal adanya legenda Puako atau naga penjaga Teluk Kelabat.

Naga ini dipercaya muncul pada saat-saat tertentu.

BACA : Inilah Kisah Kenakalan Masa Lalu Nikita Mirzani Saat Nyantri di Gontor

"Ada legenda Teluk Kelabat ini dijaga naga yang disebut Puako. Naga ini muncul pada saat-saat tertentu. Ini legenda yang diceritakan orang tua kita turun temurun," ungkap anggota DPRD Bangka Dapil Belinyu-Riausilip Herman CH, Minggu (13/12).

Pria yang hingga kini setiap minggu masih menyempatkan diri memancing di dalam Teluk Kelabat disela waktu luangnya sebagai anggota DPRd ini mengungkpkan di dalam kawasan Teluk Kelabat masyarakat pesisir setempat juga masih berpegang teguh terhadap pantangan-pantangan yang harus dihindari jika melaut didalam teluk tersebut.

"Misalnya jangan ngomong sembarangan, bertengkar, bawa telok. Ini adalah kearifan lokal turun temurun untuk jaga kelestarian kawasan itu," ujar Herman.

BACA : MASIH INGAT VIC CHOU personil F4. Dia Akhirnya MENIKAH lho,,, Ini Penyebabnya

Ia sendiri pernah mengalami pengalaman mistis terkait pantangan untuk tidak berbicara sembarangan saat memancing di Teluk Kelabat.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help