Ada Rebo Kasan di Air Nyatoh

Desa Air Nyatoh bisa dipersiapkan menjadi desa wisata bahari mewakili Kecamatan Simpang Teritip.

Ada Rebo Kasan di Air Nyatoh
bangkapos.com/nurhayati
Tokoh Masyarakat Desa Air Anyir, Arsyad dan Arrahman melakukan pencelupan kertas yang berisi doa kepada Allah SWT agar ke air wafak agar bisa menolak balak, Rabu (17/12/2014) saat Upacara Adat Rebo Kasan di Masjid Al Farhan Kamal Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

SIMPANG TERITIP, BANGKA POS - Desa Air Nyatoh Kecamatan Simpang Teritip, juga memiliki adat dan budaya Rebo Kasan yang digelar, Rabu (16/12) dan dihadiri Penjabat Bupati Bangka Barat Sudirganto.

Rebo Kasan Air Nyatoh termasuk wisata bahari Bangka Barat.

Sudirganto mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Rebo Kasan, sebagai agenda tahunan masyarakat Desa Air Nyatoh. Digelar bertepatan hari Rabu terakhir bulan Safar kalender Islam.

Bupati mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar diagendakan sebagai kegiatan tahunan.

Pemkab Bangka Barat menurutnya sangat mendukung kegiatan tersebut.

"Namun perlu dikemas kembali agar dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.Desa ini sudah terpilih sebagai desa mandiri dengan keunggulan sektor pariwisatanya," ujar Sudirgnto.

Sudirganto berharap agar masyarakat menata kembali pantai dengan menjaga kebersihannya.

"Tata kembali pantai ini agar bersih dan indah. Bisa dikelola desa untuk dijadikan sumber pendapatan desa. Bergotong-royong bersama mendukung Air Nyatoh sebagai desa wisata, gali kembali ritual adat, kemas dengan baik menjadi wisata yg menarik," tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Informatika Bangka Barat Rozali mengatakan, Desa Air Nyatoh bisa dipersiapkan menjadi desa wisata bahari mewakili Kecamatan Simpang Teritip.

"Program satu kecamatan satu desa wisata yang dicanangkan Pemkab Bangka Barat untuk tahun kedepan," ungkap Rozali.(yik) 

Editor: Dody
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved