Remaja Belitung Demam Mabuk Obat Batuk

Kalangan remaja dan anak muda di Negeri Laskar Pelangi banyak menyalahgunakan obat batuk cair.

Remaja Belitung Demam Mabuk Obat Batuk

BANGKAPOS.COM, TANJUNGPANDAN - Obat batuk cair menjadi perhatian serius aparat keamanan dan instansi terkait. Obat tersebut, banyak disalahgunakan pemanfaatan oleh kalangan remaja dan anak muda di Negeri Laskar Pelangi.

Obat yang seharusnya digunakan untuk meredakan batuk itu, dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan dengan tujuan untuk meyebabkan efek memabukan.

kebiasaan ini telah banyak dijumpai di kalangan remaja dan anak muda yang sedang nongkrong.

“Itu harus sangat menjadi perhatian sekarang ini, di tempat-tempat rawan, sambil nongkrong mereka mabuk-mabukan dengan mengkonsumsi obat batuk cair,” kata Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Andres kepada Pos Belitung, Sabtu (19/12/2015).

Mencegah itu, lanjut Andres, perlu adanya peran aktif orangtua, kalangan pendidik dan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga persoalan penyalahgunaan obat batuk itu bisa diminimalisir.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Belitung, Alkar mengakui banyak menerima laporan penyalahgunaan obat batuk. Bahkan pihaknya sudah sering kali mengamankan kalangan remaja yang kedapatan sedang mengonsumsi obat batuk secara berlebihan.

“Sudah sering kami temukan. Tapi kami, tetap lakukan patroli wilayah, sehari itu sebanyak dua kali,” ujar Alkar kepada Pos Belitung, Minggu (20/12/2015).

Menurutnya, berdasarkan pantauan di lapangan, pengguna obat batuk secara berlebihan ini tidak lagi mengkonsumsi di seputaran kota.

Mereka mulai bergeser ke daerah pinggiran.

“Seperti di gang-gang dan rumah-rumah kosong, atau gedung-gedung kosong. Itu sering dijumpai kami ketika patroli, tapi hanya pembinaan yang bisa kami lakukan,” jelasnya.

Halaman
12
Editor: didit
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help