BangkaPos/

Ini Dia Ciri-ciri Laki-laki Alami Puber Kedua

Ketika seorang pria mengalami puber kedua, umumnya disertai dengan adanya rambut tambahan yang lebih lebat dan panjang. Rambut ini bisa tumbuh ....

Ini Dia Ciri-ciri Laki-laki Alami Puber Kedua
net
ilustrasi

BANGKAPOS.COM -- Para istri harus tahu bawa laki-laki mengalami masa pubertas kedua. Apakah semua laki-laki mengalaminya ? Pada usia berapa dan apa saja tanda-tandanya?

Dikutib dari webmuslimah menurut pendapat para pakar, puber kedua pasti akan dialami oleh seluruh pria.

BACA: Ini Dia 5 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Menggunakan Minyak

Dalam buku Menyikapi Tingkah Laku Suami karya Muhammad Abdul Ghoffar, disebutkan bahwa puber kedua pria terjadi pada usia 35 – 45 tahun.

Sedangkan menurut banyak referensi lain, puber kedua pria terjadi pada usia kisaran 40 tahun.

Lalu, apa tanda puber kedua pada pria ini? Sedikitnya ada enam tanda puber kedua. Tiga tanda pertama adalah tanda-tanda secara fisiologis. Sedangkan tiga tanda berikutnya adalah tanda-tanda secara psikologis.

1. Adanya rambut tambahan
Ketika seorang pria mengalami puber kedua, umumnya disertai dengan adanya rambut tambahan yang lebih lebat dan panjang. Rambut ini bisa tumbuh di punggung,termasuk juga semakin lebat dan panjangnya rambut di hidung dan telinga.

2. Pertumbuhan fisik
Puber kedua umumnya juga disertai dengan pertumbuhan fisik secara cepat yang membuat bagian tubuh tertentu tidak tumbuh secara proporsional.

3. Perubahan suara
Meskipun pada puber pertama saat remaja suara telah berubah menjadi lebih besar, pada puber kedua juga akan kembali mengalami perubahan suara menjadi lebih dalam.

Menurut Psikolog UI Zainoel B Biran, tanda-tanda puber kedua pria dari aspek psikologis sebenarnya adalah munculnya ketertarikan lebih pada lawan jenis.

Halaman
12
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help