Lahan Untuk Rencana Relokasi PLTD Jebus Berstatus HP

Soal status lahan di Parit Empat, yang rencananya untuk lokasi PLTD, disebut-sebut berstatus kawasan hutan produksi (HP).

Lahan Untuk Rencana Relokasi PLTD Jebus Berstatus HP
Bangka Pos / Riyadi
Camat Parittiga Ardi

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Camat Parittiga Ardi membenarkan, bahwa soal lokasi untuk rencana relokasi PLTD di Parit Empat Desa Sekarbiru, saat ini menjadi bahan pro kontra masyarakat disekitarnya.

"Memang sekarang terjadi pro kontra dari warga sekitar, dengan alasan dekat dengan pemukiman penduduk. Waktu itu kami sama-sama cek ke lapangan, warga juga ada yang ikut, nah warga yang ikut tadi setuju. Tapi setelah sosialisasi kemarin, ada juga yang pro dan ada yang kontra," ungkap Ardi kepada bangkapos.com Kamis (6/1/2016).

Soal status lahan di Parit Empat, yang rencananya untuk lokasi PLTD, disebut-sebut berstatus kawasan hutan produksi (HP).

Tapi menurut Ardi, akan melakukan pengecekan ke lapangan dulu dengan pihak Dinas Kehutanan.

"Kabarnya status lahan di Parit Empat yang untuk PLTD itu berstatus HP. Nah kalau sudah HP, ya kalau nggak keberatan, silahkan pihak PLN mengusulkan pinjam pakai ke Kementrian terkait," jelas Ardi.

Rencana awal, lokasi relokasi PLTD yakni di Bukit Lintang (jauh dari pemukiman penduduk), tapi pihak PLN minta alternatif lain dan ketemulah lahan di Parit Empat.

"PLN tidak mengambil lahan (berstatus APL) di Bukit Lintang, alasannya terkendala mobilisasi, jadi keinginan PLN ya yang di Parit Empat itu," ujar Ardi.

Petugas Pamhut Wilayah Jebus-Parittiga dari Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rohidin mengaku, telah koordinasi dengan Dinas Kehutanan Pemkab Bangka Barat, soal status lahan yang rencananya untuk relokasi PLTD tersebut.

Bahwa lahan itu statusnya adalah masuk HP.

"Lahan itu statusnya HP, yakni arah ke sebelah barat mengikuti jalan raya sekitar 300 meter batas HP ke APL, ini kan yang di incluv terbaru kemarin. Arah ke selatan kurang lebih 450 meter APL, ke utara dan timur masih HP," ungkap Rohidin.

Sebelumnya, Kepala PLTD Muntok Sektor Bangka Belitung Abdul mengatakan, soal relokasi (PLTD Jebus ke Parit Empat), menjadi domain PLN Wilayah Bangka Belitung, bukan domain PLTD Muntok.

Penulis: riyadi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help