Inflasi Babel 2015 Terendah Sejak 2009

Inflasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2015 mencapai 3,28% (yoy) yang merupakan inflasi terendah sejak tahun 2009

Inflasi Babel 2015 Terendah Sejak 2009
ilustrasi grafik inflasi 

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Inflasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2015 mencapai 3,28% (yoy) yang merupakan inflasi terendah sejak tahun 2009 dan berarti masuk dalam rentang sasaran inflasi yang ditetapkan Pemerintah sebesar 4%±1%.

Capaian inflasi tahun 2015 tersebut juga lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,35% (yoy).

Adapun secara bulanan, inflasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada bulan Desember 2015 tercatat sebesar 1,44% (mtm), lebih tinggi dari proyeksi dan juga dari angka inflasi nasional yang sebesar 0,96% (mtm).

Pada bulan Desember 2015, kedua kota yang menjadi sampel perhitungan inflasi di Bangka Belitung yaitu Pangkalpinang mengalami inflasi 1,56% (mtm) atau 4,66% (yoy) dan kota Tanjungpandan yang mengalami inflasi sebesar 1,23% (mtm) atau 0,88% (yoy).

Peningkatan inflasi disumbang oleh kelompok volatile food dan administered prices.

Inflasi volatile food disumbang oleh komoditas daging ayam ras, ikan selar, ikan kerisi, bawang merah, cumi-cumi, ikan tongkol, dan ikan sotong.

Sementara inflasi administered prices disumbang oleh tarif angkutan udara dan tarif listrik.

Inflasi sepanjang tahun 2015 menurun seiring dengan berkurangnya daya beli masyarakat akibat penurunan harga komoditas andalan daerah seperti timah, sawit dan karet yang disebabkan perlambatan ekonomi dunia.

Di sisi lain, "Inflasi di Bangka Belitung relatif dapat terkendali karena suplai pasokan bahan pangan dapat memenuhi permintaan. Koordinasi dan kerja sama yang baik antara pemangku kepentingan di Provinsi Bangka Belitung selama tahun 2015 juga memberikan kontribusi kepada pengendalian harga di Bangka Belitung," jelas Bayu Martanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kesadaran, perhatian, dukungan dan upaya Pemerintah Daerah Provinsi Bangka Belitung dalam rangka upaya pengendalian inflasi selama tahun 2015 juga semakin baik", demikian tambah Bayu Martanto.

Halaman
123
Editor: Dody
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved