5 Makanan Untuk Turunkan Darah Tinggi

Lima pilihan makanan ini bisa Anda konsumsi setiap hari untuk menurunkan tekanan darah.

5 Makanan Untuk Turunkan Darah Tinggi
Istimewa
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari tekanan darah normal atau jika Anda hanya ingin mempertahankan tensi yang sehat, lima pilihan makanan ini bisa Anda konsumsi setiap hari. Ini akan menjadi awal diet tekanan darah yang sehat dan efektif.

Kacang

Kacang kaya akan serat, magnesium, dan kalium yang semuanya membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Sebuah studi dalam jurnal JAMA Internal Medicine mendapati, orang dengan hipertensi yang mengonsumsi 1 cangkir kacang setiap mendapati tekanan darah mereka menurun.
Takaran: 1 cangkir sehari.

Bubuk cokelat

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa makanan yang mengandung cokelat dapat membantu mengurangi tekanan darah karena kandungan flavonol dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Peneliti Harvard juga menemukan bahwa cokelat hitam membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Karena umumnya coklat tinggi kalori, bila Anda menginginkan yang lebih sehat, bubuk coklat adalah solusinya. Anda bisa mencampurnya dalam minuman atau makanan.
Takaran: 1 sdm sehari.

Pisang

Sebuah sumber kalium, pisang membantu melawan efek dari naiknya tekanan darah akibat konsumsi sodium. Orang dewasa membutuhkan sekitar 4.700 mg tau 4,7 gram kalium harian, dan pisang dengan ukuran sedang menyediakan sekitar 12 persen. Tambahkan pisang untuk sarapan atau makan malam.
Takaran: 1 pisang sehari.

Susu low-fat atau yogurt

Orang yang mengonsumsi susu rendah lemak dengan kandungan kalsium dan vitamin D memiliki 11 persen kemungkinan penurunan risiko tekanan darah tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya, menurut sebuah studi dalam jurnal Hypertension. Jadi, mulailah hari Anda dengan sereal dan susu atau plain yogurt rendah lemak dengan buah.
Takaran: 1 porsi sehari.

Kentang

Kentang sering dicap buruk, karena mengandung banyak karbohidrat dan gula pati, namun kentang juga kaya kalium dan magnesium yang membantu menormalkan aliran darah. Untuk dapat merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi kentang panggang atau kukus bersama sayuran.
Takaran: 2 kali seminggu.

Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help