Apa yang Terjadi Dalam Otak Manusia Ketika Sedang Mabuk?

Psikolog klinis, Dr Stephen Bright mengatakan apa yang sebenarnya terjadi di dalam otak ketika Anda mabuk adalah kompleks.

Apa yang Terjadi Dalam Otak Manusia Ketika Sedang Mabuk?
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Psikolog klinis dari Universitas Curtin,  Dr Stephen Bright mengatakan apa yang sebenarnya terjadi di dalam otak ketika Anda mabuk adalah kompleks.

Pertama, hal itu memerlukan pemahaman tentang bagaimana alkohol menghambat fungsi sistem saraf pusat, pada dasarnya otak dan sumsum tulang belakang.

"Ini memperlambat tingkat di mana neuron, termasuk sel-sel otak, berkomunikasi satu sama lain," sebutnya.

Salah satu bagian utama otak yang bisa melambat dengan konsumsi alkohol adalah korteks pre-frontal – bagian depan otak yang terkait dengan fungsi kognitif kompleks, pengambilan keputusan, logika dan nalar serta berpikir tentang konsekuensi dari tindakan Anda.

"Ini sedikit seperti papan tulis mental di otak Anda. Jika itu tak berfungsi dengan baik, maka sulit bagi seseorang untuk mengatur perilaku mereka,” terang Dr Stephen.

Ia menambahkan, "Mereka lebih banyak dikontrol oleh bagian primitif dari otak mereka dan bisa lebih impulsif dalam berperilaku."

Pada dasarnya, otak menjadi kurang berkembang.

Efek ini juga bisa lebih terasa pada orang yang lebih muda, mengingat korteks pre-frontal tak berhenti berkembang sepenuhnya sampai sekitar usia 25 tahun, tutur Dr Stephen.

Alkohol berdampak pada manusia secara berbeda?

Efek tak sadarkan diri juga berarti bahwa segera setelah seseorang mengkonsumsi segelas champagne, hal yang mudah untuk berakhir dengan dompet kosong, sebut Dr Stephen.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved