Ini Alasan Obama Ajak Kepala Negara di ASEAN Kumpul di Amerika

Bertemu di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) US-ASEAN, Presiden AS Barack Obama menyapa Presiden Joko Widodo menggunakan

Ini Alasan Obama Ajak Kepala Negara di ASEAN Kumpul di Amerika
Orange County Register/THE ASSOCIATED PRESS/PABLO MARTINEZ MONSIVAIS
Presiden AS Barack Obama (kiri) menyambut Presiden RI Joko Widodo (kanan) dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) US-ASEAN, di California, AS, Selasa (16/2/2016). (Orange County Register/THE ASSOCIATED PRESS/PABLO MARTINEZ MONSIVAIS) 

BANGKAPOS.COM, CALIFORNIA - Bertemu di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) US-ASEAN, Presiden AS Barack Obama menyapa Presiden Joko Widodo menggunakan bahasa Indonesia.

Keduanya menghadiri pertemuan antara pimpinan AS dan 10 negara ASEAN yang diadakan Selasa (16/2/2016) di Sunnylands, Rancho Mirage, California, AS, itu.

Menurut Desert Sun, sebelum pertemuan itu dimulai, Obama sempat menghampiri Jokowi dan menyalaminya, sembari berfoto bersama.

Ia dikatakan bahkan sempat menyapa Jokowi menggunakan bahasa Indonesia, yang tak disebut jelas apa kata-katanya.

Jokowi kemudian membalas ramah sapaan orang nomor satu AS itu.

"Lalu, bagaimana keadaan keluarga?," demikian tanya Obama lagi, kali ini dalam bahasa Inggris.

Obama menyambut 10 perwakilan negara anggota ASEAN dalam pertemuan yang akan berlangsung dua hari itu dan membahas soal ekonomi dan keamanan regional.

Untuk hari pertama ini, terlebih dahulu pembicaraan akan berkisar soal isu ekonomi dan disusul seputar keamanan regional pada Rabu (17/2/2016).

Dikatakan pembicaraan soal keamanan regional itu tak akan jauh dari pembahasan seputar Laut Tiongkok Selatan dan terorisme.

Seluruh perwakilan negara AS dan ASEAN hadir dalam pertemuan itu, yang hampir semuanya diwakili oleh pemimpin negaranya, kecuali Myanmar.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved