Inilah Sosok Pria yang Selama Ini Melukis Mata Uang Rupiah

Siapa sangka sehari-hari kita dengan tanpa sengaja telah menikmati hasil karya-karya dari seorang seniman bernama Pak Mujirun.

Inilah Sosok Pria yang Selama Ini Melukis Mata Uang Rupiah
efenerr/hai online
Ternyata Bapak Ini yang Selama Ini Melukis Mata Uang Rupiah Mujirun, pelukis mata uang rupiah. 

BANGKAPOS.COM, BANDUNG - Siapa sangka sehari-hari kita dengan tanpa sengaja telah menikmati hasil karya-karya dari seorang seniman bernama Pak Mujirun. Sosok inilah yang telah melukis gambar-gambar di mata uang rupiah.

Ya, mulai dari gambar Pattimura di uang seribu rupiah, Gadis Penenun di uang Rp.5.000,- sampai dengan gambar Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, bahkan pemandangan alam indah di bagian belakang rupiah pak Mujirun juga yang melakuannya.

Pak Mujirun, seperti dilansir dari efenerr, menyebut profesi yang digelutinya ini adalah Engraver atau bahasa mudahnya sang pengukir gambar.

Bukan ukir gambar sembarangan karena Pak Mujirun adalah engraver bagi uang-uang kertas yang dicetak Peruri.

Jika mencorat-coret mata uang jadi rupiah dengan sembarang adalah gampang justru melukis untuk uang kertas sebelum mereka jadi adalah perlu usaha yang keras.

Pak Mujirun harus menggunakan suryakanta (kaca pembesar) saat melukiskannya. Hal ini semata-mata agar skala lukisan satu dengan lukisan lainnya seragam.

Ia juga harus memastikan setia permainan garis-garis tipis yang ditorehkan pada karyanya.

Sebagai pelukis profesional, Pak Mujirun telah mendapatkan pendidikan formal dari Sekolah Seni Rupa Yogyakarta.

Menjadi Engraver spesial mata uang rupiah, ia sebelumnya telah mengikuti seleksi di Peruri untuk menjadi calon engraver menggantikan engraver senior sebelumnya.

Dari sekian banyak yang diseleksi, Pak Mujirun lolos dengan 3 orang lainnya, setelah melalui tahap akhir ia pun olos menjadi satu-satunya calon engraver di Peruri.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved