Tips Mengatasi Mesin Mobil yang Terkena Banjir Sebelum ke Bengkel

Jika mobil terendam sampai satu meter atau lebih, mesin mobil jangan langsung dihidupkan.

Tips Mengatasi Mesin Mobil yang Terkena Banjir Sebelum ke Bengkel
http://static.republika.co.id
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM-Mobil yang terendam air di garasi karena tidak sempat dikeluarkan pada saat banjir datang. Jika genangan air yang memasuki garasi pada ketinggian di bawah 50 sentimeter melanda mobil, biasanya persoalan menjadi lebih ringan karena biasanya yang menjadi korban adalah interior, atau bagian dalam mobil.

Jangan dihidupkan

Yang menjadi persoalan besar, jika mobil terendam sampai 1 meter atau lebih. Jika mobil terendam sampai satu meter atau lebih, mesin mobil jangan langsung dihidupkan. Ada beberapa hal yang perlu diperiksa terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menghidupkan mesin mobil.

BACA : Tujuh Makanan yang Banyak Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

Pertama, periksa tempat saringan udara (air filter). Jika kemasukan air, keringkan. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, periksalah apakah air memasuki karburator. Jika ada air, keluarkanlah.

Demikian juga mobil yang masih menggunakan platina, periksalah delko (distributor) -nya, jika basah keringkan. Khusus bagi mobil-mobil yang telah menggunakan electronic fuel injection (EFI) dan pengapian elektronis CDI, pemeriksaan bisa langsung dilanjutkan ke busi dan kabel-kabelnya.

Kedua perangkat itu dibuat tahan air (waterproof) . Periksa kondisi oli mesin, apakah telah tercampur air atau tidak. Pemeriksaan kondisi oli bisa dilakukan dengan menarik dipstic (tangkai besi pipih pengukur oli).

Jika oli di ujung dipstic masih berwarna hitam pekat, maka bisa dipastikan bahwa kondisi oli masih baik dan tidak tercampur air.

Namun, jika warna oli di ujung dipstic coklat bercampur putih susu, maka dipastikan bahwa oli bercampur air. Jika kasus itu yang terjadi, gantilah oli mesin.

Halaman
12
Editor: dedypurwadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help