BangkaPos/

Tahun Ini Banyak Bantuan Untuk Nelayan Babel

Namun bantuan itu tidak akan diberikan kepada perseorangan nelayan, melainkan disalurkan melalui koperasi nelayan

Tahun Ini Banyak Bantuan Untuk Nelayan Babel
bangkapos.com/dok
Kapal nelayan berlindung di Muara Air Kantung Sungailiat 

Laporan wartawan Bangka Pos, dodi hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS.COM – Masyarakat nelayan Bangka Belitung tidak perlu khawatir, tahun 2016 ini banyak bantuan akan dikucurkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Namun bantuan itu tidak akan diberikan kepada perseorangan nelayan, melainkan disalurkan melalui koperasi nelayan di setiap kampung atau desa nelayan.

Bantuan yang bisa didapat para nelayan ini antara lain Kapal 5 GT, Kapal 10 GT, Kapal 20 GT, Kapal 30 GT dan Kapal Angkut. Bantuan ini merupakan program tiga pilar dari Kementerian Kelauatan dan Perikanan, yakni keberpihakan pada bisnis pro bisnis, pro lingkungan dan pro keberlanjutan. Ketiga pilar itu merupakan prinsip dasar pengembangan sektor riil agar berpijak tidak hanya untuk keuntungan bisnis, tetapi keberlanjutan dan memberi penghidupan bagi seluruh masyarakat atau orang banyak.

“Untuk itulah Pusat Koperasi Nelayan Indonesi (Puskoneli) hadir di Bangka Belitung. Nantinya bantuan untuk nelayan akan disalurkan melalui Puskoneli,” ujar Hasfattahillah SE, Ketua Puskoneli Babelionia Bangka Belitung, Kamis (18/2/2006) siang.

Menurut Hasfattahillah, untuk mendapatkan bantuan dari KKP, masyarakat nelayan di Babel harus terlebih dahulu membentuk wadah Koperasi Nelayan (Koneli) di daerah masing-masing. Pasalnya, bantuan hanya bisa dikucurkan kepada koperasi nelayan, bukan perseorangan nelayan. Caranya, setiap Koneli membuat program kerja dan proposal jenis bantuan yang dibutuhkan para nelayan setempat. Proposal ini diserahkan kepada Puskoneli Babelionia, untuk selanjutkan akan dikoordinasikan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung.

“Insya Allah bantuan bisa cair, asal prosedur ini kita lakukan secara benar. Kami di Puskoneli Bebelionia hanya mengkoordinasikan semua permohonan para nelayan melalui wadah Koperasi Nelayan,” ungkap Illah, sapaan akrab Hasfattahillah.

Untuk mengkoordinasikan pengucuran bantuan KKP kepada nelayan Bangka Belitung, pada Minggu (21/2/2016) nanti, Puskoneli Babelionia akan menggelar Rapat Anggota Puskoneli dan Koneli se Bangka Belitung. Acara ini akan dilaksanakan di Menara Babelionia, Jalan Nyatoh no 262 Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rapat yang akan digelar mulai pukul 09.00 WIB pagi tersebut membahas program kerja Puskoneli Babelionia selama tahun 2016.

“Dengan adanya rapat ini, kita akan bisa memetakan kebutuhan para nelayan di Bangka Belitung. Ini semua kita lakukan, sebagai wujud ikut membangun perekonomian masyarakat pesisir di Bangka Belitung,” ujar Illah.

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help