Bengkoknya Tulang Belakang Pipit Murni Bawaan Lahir

Kelainan tulang yang diderita Nur Arfita bocah 10 tahun murni bawaan semenjak lahir.

Bengkoknya Tulang Belakang Pipit Murni Bawaan Lahir
bangkapos.com/Dede Suhendar
Kartu BPJS Nur Arfita 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Kelainan tulang yang diderita Nur Arfita bocah 10 tahun murni bawaan semenjak lahir. Dalam artian tidak ada pengaruh dari cara berjalannya menggunakan lutut dengan bengkoknya tulang belakang.

Menurut Direktur RSUD dr Marsidi Judono, dr Hendra SpAn, kelainan pada tulang belakang Pipit sebenarnya tidak terdeteksi sedari awal. Sehingga muncul persepsi kondisi tersebut dikarenakan cara berjalannya yang tidak lazim.

"Jadi tulang belakang itu sebenarnya juga bawaan lahir, cuman pada kasus ini tidak terdeteksi dari awal atau diabaikan. Setelah timbul rasa sakit diperiksan baru ketahuan," katanya.

Hendra menambahkan istilah dalam dunia medis, kelainan tulang belakang yang diderita Pipit disebut Vertebral Anomalis.

Ia menambahkan banyak faktor yang menyebabkan kelainan pada janin, seperti kelainan kromosom atau infeksi virus. Terlebih, Pipit lahir dengan usia prematur yang memperkuat adanya indikasi pengaruh dari faktor tersebut.

Ia mengatakan jika struktur tulang pada tubuh Pipit tidak diperbaiki secara otomatis akan berpengaruh buruk pada kualitas hidup. Terutama rasa nyeri yang terus timbul di bagian tulang belakangnya, akan membuat jantung bermasalah.

"Memang harus operasi besar, namanya bedah khusus tulang dan rumah sakit kita belum ada. Tetap akan memakan waktu karena operasinya tidak cukup sekali," ungkapnya.

Namun sebagai dokter, Hendra sangat khawatir jika Pipit mengkonsumsi obat penahan rasa sakit secara terus-menerus. Dikarenakan obat tersebut akan mengganggu lever dan ginjalnya.

"Sebenarnya obat itu diberikan dengan batas waktu tidak boleh terus menerus. Makanya harus cepat ditangani," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved