Penghuni Pergi, Kalijodo Sudah Seperti Kota Mati

Jika pernah menonton film mengenai kota-kota yang sudah ditinggal penghuninya, kondisinya hampir mirip dengan kawasan Kalijodo kini,

Penghuni Pergi, Kalijodo Sudah Seperti Kota Mati
Kompas.com/Jessi Carina
Kondisi di bagian dalam kafe di Kalijodo yang kini ditinggalkan begitu saja. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Jika pernah menonton film mengenai kota-kota yang sudah ditinggal penghuninya, kondisinya hampir mirip dengan kawasan Kalijodo kini, Kamis (25/2/2016).

Ketika masuk ke kawasan itu melalui ujung gang jalan Kepanduan 2, bangunan pertama di jalan itu sudah hancur.

Kemudian, jalan lah terus ke dalam sampai melewati tiang pembatas wilayah Jakarta Barat dan Utara, kafe-kafe yang pernah berjaya selama puluhan tahun itu akan terlihat namun dalam kondisi yang suram, tak berpenghuni.

Ketika masuk ke gang-gang kecil di belakang kafe itu, akan langsung terlihat kafe-kafe lain yang pintunya dibiarkan terbuka.

Tidak ada penerangan apa pun di semua kafe-kafe menjadikannya gelap gulita, sehingga terkadang menimbulkan efek menyeramkan.

Saat masuk ke dalam kafe-kafe tersebut, akan terasa seperti memasuki rumah yang baru saja dirampok beberapa orang. Berantakan sekali.

Hal-hal yang biasa ditemukan di lantai dasar kafe adalah sisa-sisa botol minuman yang dibiarkan tergeletak begitu saja. Di salah satu kafe, bahkan terdapat sebuah boneka beruang pink yang sudah dicabik dan kapasnya dibiarkan bertebaran di mana-mana.

Kondisi berantakan semacam ini akan semakin terlihat saat naik ke lantai 2. Lantai tersebut merupakan tempat tinggal para pekerja seks komersial (PSK) yang bekerja di kafe itu. Di sana terdapat kamar berjumlah sekitar 8 bilik.

Di salah satu kafe, pakaian-pakaian para PSK berceceran di lantainya. Orang yang menginjakkan kaki di tempat itu pasti akan menginjak-injak pakaian mereka saking banyak dan berantakan.

Kondisinya benar-benar gelap. Dibutuhkan lampu senter agar bisa melihat jelas ke depan. Di dalam kamar mereka, alat kontrasepsi dengan satu merk yang sama bertebaran di mana-mana. Kasur dan lemari sudah tidak ada diduga sudah dijarah oleh warga.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help