BangkaPos/

GMT Tinggal 8 Hari Lagi, Buruan Beli Kacamata di Gramedia

Momentum ini sangat langka dan Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang kali ini daratannya dilalui Gerhana Matahari total.

GMT Tinggal 8 Hari Lagi, Buruan Beli Kacamata di Gramedia
DOK GRAMEDIA
Kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari yang dijual khusus di Toko Buku Gramedia. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Gerhana Matahari Total yang akan melintasi Indonesia tinggal beberapa hari lagi, tepatnya tanggal 9 Maret 2016.

Momentum ini sangat langka dan Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang kali ini daratannya dilalui Gerhana Matahari Total.

Pada tahun 1983, Indonesia juga pernah dilalui Gerhana Matahari Total. Namun, waktu itu ada instruksi kepada warga agar bersembunyi dan menghindari sinar matahari.

Sinar matahari saat menjelang dan sesudah Gerhana Matahari Total dianggap memancarkan radiasi yang berbahaya bagi manusia.

Dampaknya, warga mengunci diri di dalam kamar, menutup semua celah sinar matahari yang memungkinkan masuk ke dalam rumah, dan bahkan sembunyi di bawah kolong.

Tahun 1983 adalah puncak kebodohan pemerintah dalam memandang Gerhana Matahari. Indonesia kehilangan momentum untuk bisa mengamati Gerhana Matahari total waktu itu.

Kini, kebodohan serupa tak akan terulang seiring dengan peningkatan kesadaran pemerintah dan warga. Tak ada radiasi sinar jahat matahari yang menyertai Gerhana Matahari total.

Namun, tetap saja menyaksikan sinar matahari secara langsung saat menjelang dan sesudah Gerhana Matahari total sangat tidak dianjurkan, kecuali menggunakan kacamata khusus.

Memandang ke arah matahari tanpa kacamata khusus baru boleh dilakukan saat Gerhana Matahari total.

Untuk selanjutnya, segeralah memakai kacamata kembali saat peralihan dari Gerhana Matahari total ke sebagian.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help