Inflasi di Kabupaten Bangka Masih Bisa Dikendalikan

Bbeberapa SKPD memiliki program yang dapat mengendalikan inflasi, sehingga harga – harga tidak naik

Inflasi di Kabupaten Bangka Masih Bisa Dikendalikan
IST
Rapat TPID Kabupaten Bangka, Kamis (3/3) di Ruang Rapat Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kabupaten Bangka yang merupakan gabungan SKPD terkait diharapkan dapat mengendalikan inflasi di kabupaten Bangka.

Harapan tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Ekonomi dan Keuangan, Zulkarnain Idrus ketika memimpin rapat TPID Kabupaten Bangka, Kamis (3/3) di Ruang Rapat Kantor Bupati Bangka.

Dijelaskan, beberapa SKPD memiliki program yang dapat mengendalikan inflasi, sehingga harga – harga tidak naik sebagai bagian dari faktor penyebab terjadinya inflasi.

“ Dinas Sosial dan Tenga Kerja Kabupaten Bangka memiliki program raskin, sedangkan untuk Dinas Perhubungan dan Kominfo kendati aktifitas bongkar muat barang kebutuhan pokok dari luar Bangka banyak berlangsung di pelabuhan Pangkal Balam Pangkalpinang, namun di Bangka juga ada yang berlangsung di pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu yang juga perlu di pantau kelancaran bongkar muat barang, “ ungkap Zulkarnain.

Menurutnya, masalah tarif angkutan kota di Sungailiat juga perlu diperhatikan karena sudah beberapa kali terjadi penurunan harga BBM, tarif angkot tidak terjadi penurunan.

Diharapkan sinergisitas antar SKPD terkait dalam upaya mengendalikan inflasi dapat terwujud di kabupaten Bangka, termasuk diantranya Disperindag yang rutin melakukan operasi pasar.

Selain itu Dinas Pertanian dan Peternakan dalam program pertanian dengan adanya panen padi di sejumlah desa, setidaknya dapat memenuhi kebutuhan beras sendiri akan dapat menjaga terjadinya gejolak harga beras.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS ) kabupaten Bangka Ahmad Thamrin mengatakan, TPID kabupaten Bangka merupakan upaya positif untuk mengendalikan inflasi.

Inflasi di kabupaten Bangka masih bisa dikendalikan, masih dibawa 1 digit,” kata Ahmad Thamrin.

Dijelaskannya, dengan adanya koordinasi yang baik antar SKPD Pemerintah Kabupaten Bangka inflasi akan dapat dikendalikan, terutama masalah kenaikan harga dan kelancaran distribusi harga kebutuhan pokok.

Rapat TPID Kabupaten Bangka diisi dengan diskusi serta penyampai program – program masing – masing SKPD dalam rangka mengendalikan inplasi di kabupaten Bangka.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved