7 Khasiat Tersembunyi Donor Darah Bagi Tubuh

Dengan donor darah kita bisa tahu penyakit apa saja yang ada dalam tubuh kita.

7 Khasiat Tersembunyi Donor Darah Bagi Tubuh
TRIBUN-TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Petugas mengambil darah pendonor saat donor darah di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/12/2015). Donor darah yang dilaksanakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi-Maluku tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-38 BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan sebagai wujud kepedulian kepada sesama. 

BANGKAPOS.COM, DENPASAR – Ketua Umum UKM KSR PMI Unit Universitas Udayana, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan donor darah memiliki banyak manfaat.

Ini di antaranya:

1. Cek kesehatan rutin

Dengan donor darah kita bisa tahu penyakit apa saja yang ada dalam tubuh kita. Pada saat kita mendonorkan darah, sebagian dari darah kita akan di uji di lab guna mengetahui penyakit yang terkandung dalam darah sebelum nantinya darah kita diberikan ke orang yang membutuhkan.

2. Menjaga kesehatan jantung

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

4. Meningkatkan produksi sel darah merah, jadi jangan pernah berpikir kalau setelah donor darah maka darah dalam tubuh akan berkurang. Nyatanya setelah kita donor darah tubuh dengan sendirinya akan membentuk sel darah baru yang akan membuat tubuh selalu bugar, dan masih banyak lagi manfaat donor darah bagi kesehatan.

5. Dapat menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan darah

6. Kalau di keluarga besar KSR PMI unit Universitas Udayana biasa menyebutkan Donor Darah sebagai suatu bentuk penanaman modal akhirat, karena lewat donor darah kita bisa beramal untuk mereka yang membutuhkan

7. Bentuk kepedulian kita antar sesama manusia, dan masih banyak lagi.

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved