Home »

Lokal

» Bangka

Bisnis Bibit Lada Omset Kurul Capai Puluhan Juta Rupiah

Berbagai macam cara untuk mendapat penghasilan lebih, diantaranya berbisnis bibit lada atau sahang. Seperti yang dilakoni Nasrul alias Kurul

Bisnis Bibit Lada Omset Kurul Capai Puluhan Juta Rupiah
Bangka Pos / Fery Laskari
Berbagai macam cara untuk mendapat penghasilan lebih, diantaranya berbisnis bibit lada atau sahang. Seperti yang dilakoni Nasrul alias Kurul (38), warga Desa Kimak Kecamatan Merawang Bangka. Sejak tiga bulan silam, Tahun 2016, ayah dua anak itu berhasil memproduksi sekitar 20.000 bibit lada dalam polibeg dan sebagian telah terjual dengan omset puluhan juta rupiah. Tampak Kurul (kaus merah) sedang melayani konsumen, Jumat (1/4/2016).(fly) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Berbagai macam cara untuk mendapat penghasilan lebih, diantaranya berbisnis bibit lada atau sahang. Seperti yang dilakoni Nasrul alias Kurul (38), warga Desa Kimak Kecamatan Merawang Bangka. Sejak tiga bulan silam, Tahun 2016, ayah dua anak itu berhasil memproduksi sekitar 20.000 bibit lada polibeg berbagai jenis.

Ditemui di lokasi pembibitannya di Desa Kimak Kecamatan Merawang, Jumat (1/4/2016) siang, Kurul mengaku membeli stek lada dari berbagai kebun warga. "Stek lada saya beli dari kebun warga di Kecamatan Kelapa (Bangka Barat) dan ada juga dari daerah lain," katanya.

Stek lada tadi kata Kurul, dia potong-potong dalam ukuran lebih kecil lalu ditanam dalam polibeg warna hitan yang sudah diisi tanah dan pupuk kompos. "Setelah tiga bulan, stek ukuran kecil mulai banyak tumbuh tunas dan siap dijual," katanya.

Sekitar 20.000 bibit lada dalam polibeg yang dia produksi, telah banyak yang terjual. Berbagai konsumen dari berbagai daerah datang ke lokasi pembibitannya di Desa Kimak. Mengenai harga jual perpolibeg, Kurul mengaku relatif murah pada kisaran Rp 6.000 hingga Rp 10.000 perpolibeg. "Jenisnya ada Lada Lampung, Lada Merapin, Lada Telungkup dan Lada Bogor. Yang terjual sudah sekitar sepuluh ribu polibeg.

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help