Jelang Ceng Beng, Etnis Tionghoa Babel Mulai Bersihkan Makam Pekuburan Sentosa

Ratusan Etnis Tionghoa yang ada di provinsi kepulauan Babel mulai mendatangi pekuburan sentosa Pangkalpinang

Jelang Ceng Beng, Etnis Tionghoa Babel Mulai Bersihkan Makam Pekuburan Sentosa
BANGKAPOS.COM/AJIE GUSTI
Suasana persiapan sembahyang kubur atau ceng beng di pekuburan sentosa Pangkalpinang, Sabtu (2/4/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ratusan Etnis Tionghoa yang ada di provinsi kepulauan Babel mulai mendatangi pekuburan sentosa Pangkalpinang untuk melaksanakan bersih-bersih jelang perayaan ceng beng atau sembahyang kubur, Sabtu (2/4/2016) sore.

Pantauan lapangan, kendaraan roda dua dan roda empat mulai memadati wilayah tersebut meskipun puncak peringatan akan jatuh pada tanggal 4 April mendatang.

Beberapa warga yang ditemui mengakui, lebih memilih memulai sembahyang sehari sebelumnya untuk menghindari kepadatan saat pelaksanaan puncak nanti.

"Sudah mulai sembahyang dan kebetulan keluarga dari Jakarta sudah pulang semua jadi sudah bersih-bersih kubur dan langsung sembahyang, nanti keluarga lain bisa menyusul," ungkap warga Pangkalpinang, Acun saat ditemui di pekuburan sentosa Pangkalpinang.

Bukan hanya dirinya, beberapa warga etnis Tionghoa lainnya juga telah memulai ritual ibadahnya dengan membersihkan kuburan dan memasang tenda-tenda di atas kuburan keluarganya.

Pekerja bersih kuburan pun mulai terlihat mondar-mandir dengan membawa peralatannya untuk mengais rejeki tahunan dalam kegiatan ceng beng ini.(*)

Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved