Nilai UN Menentukan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Kepala SMA N 1 Gantung Sabarudin mengatakan, Ujian Nasional (UN) tahun 2016 memang tak menentukan kelulusan siswa.

Nilai UN Menentukan Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sabarudin, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gantung, Kabupaten Belitung Timur. 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM,BELITUNG- Kepala SMA N 1 Gantung Sabarudin mengatakan, Ujian Nasional (UN) tahun 2016 memang tak menentukan kelulusan siswa. Namun, menurut dia, nilai UN tetap diperhitungkan untuk seorang siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"UN kan memang tidak menentukan kelulusan. Bukan berarti untuk main-main. Nilai UN diperhitungkan untuk tembus PTN. Siswa tidak serius, maka susah untuk PTN," kata Sabarudin kepada Pos Belitung, Sabtu (2/4/2016) malam.

Juara II Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2015 ini mengatakan, nilai UN juga diperhitungkan untuk masuk sekolah-sekolah tinggi kedinasan semisal IPDN atau STAN.

"Kalau UN ini langkahnya salah, maka susah untuk tembus," ujarnya lagi.

Sabarudin menyatakan, siswa-siswanya siap menghadapi UN 2016. Sebagai kepala sekolah dia memiliki harapan capaian nilai UN siswa SMA N 1 Gantung.

"Targetnya kami naik peringkat, mungkin tertinggi di provinsi. Untuk IPS tingkat kabupaten, kami tertinggi lima tahun berturut-turut. Siswa-siswa siap semua," ucap Sabarudin.

UN 2016 bagi SMA sederajat akan dimulai Senin (4/4/2016) mendatang. Di Belitung Timur, tiga dari seluruh SMA Sederajat yang ada akan menggelar UN Berbasis Komputer.

Ketiga sekolah tersebut adalah SMA N 1 Manggar, SMK N 1 Kelapa Kampit, dan SMK N 1 Manggar. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved