Besok, Puncak Perayaan Ceng Beng di Toboali

Jemmy, Ketua Yayasan Dharma Bhakti Toboali mengatakan menyambut Cheng Beng tahun ini pihaknya tidak menyiapkan acara khusus

Besok, Puncak Perayaan Ceng Beng di Toboali
bangkapos.com/Riki Pratama
Jemmy Ketua Yayasan Dharma Bhakti Toboali 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perayaan puncak Ceng Beng atau sembayang kubur guna mendoakan serta memberikan penghormatan bagi arwah leluhur bagi warga Thionghoa puncaknya akan dilaksanakan, Senin (4/4/2016) pagi.

Sama dengan warga Thionghoa lainya, di Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan juga melaksanakan sembayang kubur, diperkirakan ratusan warga keturunan Thionghoa akan sembayang mendoakan leluhur mereka di perkuburan yang berada di Jalan Raya Puput Toboali.

Jemmy, Ketua Yayasan Dharma Bhakti Toboali mengatakan menyambut Cheng Beng tahun ini pihaknya tidak menyiapkan acara khusus,Yayasan hanya menambah fasilitas penerangan lampu di sekitar perkuburan.

"Kita hanya ada masang lampu untuk perayaan puncak Cheng Beng besok subuh,"kata Jemmy kepada bangkapos.com, Minggu (3/4/2016)

Jemmy menambahkan diperkirakan puluhan warga keturunan Thionghoa akan hadir di perkuburan yang berada di Jalan Raya Puput Toboali.

"Kemungkinan akan banyak yang datang, karena sebagian mereka datang dari Jakarta, Kalimantan, Bengkulu, Manado, hingga Hongkong, kebanyakan mereka bekerja di luar merantau, lalu pulang ke tempat asal untuk sembayang kubur,"ujarnya

Jemmy mencerikan mereka yang pulang ke kampung halaman biasanya tidak sendiri, mereka banyak melaksanakan sembayang dengan sanak keluarga.

"Mereka pulang tidak sendiri membawa keluarga seperti bawa kakak, adek,"jelasnya

Selain itu, kata Jimmy perayaan Cheng Beng sudah berlangsung sejak satu minggu dan puncaknya akan dilaksanakan pada Senin besok.

"Waktunya sudah seminggu dari Kamis kemaren, besok terakhir puncaknya yang pasti warga yang datang akan lebih ramai,"ungkapnya

Jimmy juga mengaku pada perayaan Cheng Beng tahun ini dirinya sudah melaksanakan sembayang kubur untuk keluarga di sebelah mamanya. dan akan melakukan sembayang kembali untuk keluarga sebelah ayahnya besok Senin.

Pada saat sembayang Jimmy mengatakan ia memberikan persembahan berupa makanan seperti daging, tahu, telor, buah, kue, teh, dan juga persembahan lainya.

"Pagi tadi sudah untuk sebelah mama, dan besok pagi akan kembali ke kuburan keluarga sebelah papa,"jelasnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved