Gara-gara Unjuk Rasa, Dua Karyawan PT Timah Dipecat

Rapat akbar atau unjuk rasa yang digelar Ikatan Karyawan Timah (IKT) beberapa waktu lalu, tepatnya (25/01/2016) berimbas kepada 15 orang karyawan

Gara-gara Unjuk Rasa, Dua Karyawan PT Timah Dipecat
bangkapos.com/dok
Aksi Ikatan Karyawan Timah di halaman PT Timah Tbk Pangkalpinang 

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Rapat akbar atau unjuk rasa yang digelar Ikatan Karyawan Timah (IKT) beberapa waktu lalu, tepatnya (25/01/2016) ternyata berimbas kepada 15 orang karyawan PT Timah Tbk.

Dimana dua diantaranya dipecat dengan tidak hormat, dan satu karyawan lainnya mendapat teguran tertulis 3 (SP3) dengan sanksi, penurunan jabatan.

Salah satu karyawan PT Timah Tbk, yang juga mantan ketua IKT, Wirstha Firdaus yang mendapat sanksi diberhentikan dengan tidak hormat ketika ditemui bangkapos.com, di Kantor Dinas sosial Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Senin (04/04/2016) mengaku bingung dengan keputusan direksi yang memecat dirinya.

Pasalnya dari lima poin yang disampaikan salah satunya dirinya dituding telah membocorkan rahasia perusahaan.

" Ini yang jadi pertanyaan saya, rahasia perusahaan mana yang saya bocorkan. Kalau rahasia perusahaan soal pernyataan sikap saat unjuk rasa, itu,berdasarkan raker IKT bukan Pribadi," ucap Wirstha.

Menurut Wirstha keputusan pemecatan dirinya, atau apa yang disangkakan kepada sejumlah karyawan PT Timah lainnya, sangat tidak beralasan, dan seolah-olah dicari-cari.

" Apa yang diputuskan ini, menandakan, Sukrisno selaku direktur sangat antipati terhadap serikat pekerja indonesia. Ini, jelas mengkerdilkan serikat pekerja. Dan ini, menjadi preseden buruk, dan tidak hanya akan terjadi di PT Timah saja, tetapi juga bisa terjadi BUMN lainnya," ucapnya

Dikatakan Wirstha, sebelum mengelar unjukrasa, hasil Raker IKT sendiri sudah disampaikan ke pihak direksi, jawabannya sendiri tidak sesuai dengan diharapkan sehingga dilakukan aksi tersebut.

" Kalau rahasia perusahaan soal PT Timah rugi, dan itu yang menjadi alasan membocorkan rahasia perusahaan. Perlu diketahui, informasi itu, sendiri kita ketahui dari direksi atau pejabat PT Timah sendiri yang mengungkapkan ke Media Nasional. Jadi istilahnya kita merefresh ulang, apa yang mereka ungkapkan sendiri," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: zulkodri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved