Bos Properti Divonis Bebas, Jaksa Ajukan Kasasi

Heriyanto sepertinya tak bisa merasa berbesar hati meski majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang menjatuhkan vonis bebas

Bos Properti Divonis Bebas, Jaksa Ajukan Kasasi
Google/net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Heriyanto sepertinya tak bisa merasa berbesar hati meski majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang  menjatuhkan vonis bebas terhadap dirinya atas perkara kasus dugaan penipuan.

Pasalnya jaksa penuntut umum (JPU) dari pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pangkalpinang justru saat ini melakukan upaya hukum lainnya atau kasasi terhadap putusan vonis majelis hakim pengadilan negeri setempat.

"Kita tetap lakukan kasasi terkait putusan vonis majelis hakim pengadilan itu, jadi putusan vonis bebas itu sesungguhnya belumlah inkrah atau merupakan keputusan tetap," kata Kepala Kejari Pangkalpinang, Samsudin SH melalui Kasi Pidum Kejari Pangkalpinang, A Harry SH yang disampaikan langsung oleh JPU kasus itu, Andi Arief SH kepada wartawan, Kamis (7/4/2016) di gedung kantor Kejari Pangkalpinang.

Ketika disinggung perihal tuntutan oleh pihaknya selaku JPU terhadap terdakwa (Heriyanto) atau hal yang memberatkan terdakwa terkait penangananan perkara kasus dugaan penipuan barang-barang material (bahan bangunan) justru menurut Andi Arief apa yang dilakukan terdakwa dinilai merupakan modus.

"Dia (Heriyanto--red) modusnya membeli bahan bangunan di beberapa toko dan menjanjikan akan membayar pada waktu itu juga namun alasannya kekurang uang untuk membayar. Padahal uangnya justru diketahui ada lantas kenapa Heriyanto tidak membayar barang-barang yang sudah dibelinya itu," jelas Andi Arief.

Terkait perkara kasus itu ditegaskan ia sedikitnya dua orang pemilik toko yang menjadi korban atas tindak Heriyanto (terdakwa) hingga kerugian materi diperkirakan mencapai angka total sebesar Rp 50 juta.

Heriyanto sendiri selaku terdakwa hingga ia sempat terseret perkara kasus dugaan penipuan itu namun saat sidang putusan yang digelar di gedung Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Rabu (6/4/2016) kemarin justru ketua majelis hakim yang diketuai oleh Wuryanta SH (wakil ketua Pengadilan Negeri Pangkalpinang) justru menjatuhkan vonis bebas terhadap Heriyanto.

"Ini sebetulnya belum final (ikhrah--red) yang jelas jaksa penuntut wajib kasasi," tegasnya seraya menambahkan jika pihaknya mengetahui pula masih ada korban lainnya yang belum melapor adanya dugaan kasus serupa.

Penulis: ryan augusta
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved