Vonis Bebas Pengusaha Properti, Kajari Pangkalpinang Perintahkan Kasasi

Saya perintahkan untuk tetap kasasi kepada jaksa penuntut atas putusan majelis hakim pengadilan yang menjatuhkan vonis bebas terdakwa itu

Vonis Bebas Pengusaha Properti, Kajari Pangkalpinang Perintahkan Kasasi
bangkapos.com/dok
Kepala Kejari (Kajari) kota Pangkalpinang, Samsudin SH MH

Laporan wartawan Bangkapos Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Pangkalpinang, Samsudin SH mengatakan memang sengaja melakukan kasasi terhadap putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang yang memvonis bebas terdakwa kasus dugaan penipuan, yakni Heriyanto, pengusaha perumahan Puri Semabung.

"Saya perintahkan untuk tetap kasasi kepada jaksa penuntut atas putusan majelis hakim pengadilan yang menjatuhkan vonis bebas terdakwa itu (Heriyanto--red)," kata Samsudin ditemui di kantor Kejari Pangkalpinang, Jumat (8/4/2016).

Ditegaskanya alasan pihaknya melakukan kasasi tak lain bertujuan guna mencari pembuktian kebenaran terkait perkara kasus dugaan penipuan hingga menyeret Heriyanto menjadi terdakwa dalam kasus ini.

"Meski begitu kita tetap menghormati apa yang menjadi putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang dan apa yang kita lakukan itu sesungguhnya suatu bentuk mencari pembukian kebenaran saja," tegasnya.

Ia menambahkan terkait penanganan perkara kasus itu pihaknya sempat melakukan penahanan terhadap terdakwa (Heriyanto), hal serupa juga sebelumnya dilakukan oleh pihak Polres Pangkalpinang atau melakukan penahanan terhadap terdakwa.

Namun ketika berkas perkara itu sudah dilimpahkan ke pihak Pengadilan Negeri Pangkalpinang atau perkara kasus itu mulai disidangkan justru terdakwa oleh majelis hakim justru dialihkan status penahananya dari tahanan rutan menjadi tahanan kota.

"Kita lihat saja nanti bagaimana hasil kasasi yang ajukan ke Mahkamah Agung itu," katanya.

Dalam berita sebelumnya disebutkan Heriyanto sendiri tersandung persoalan hukum hingga berlanjut ke meja hijau lantaran dirinya diduga telah melakukan tindak penipuan terhadap dua orang pemilik toko material (PT Fajar Indah dan Toko Mitra Agung) di kota Pangkalpinang hingga mengakibatkan kerugian materi atas pekara itu mencapai angka total senilai Rp 50 juta.

Sebelumnya pula Heriyanto merasa senang atas putusan vonis bebas perkara yang menjeratnya, Rabu (7/4/2016) saat sidang putusan terdakwa oleh majelis hakim pengadilan setempat diketuai Wuryanta SH MH. Sebab menurutnya dari putusan vonis bebas itu harkat martabatnya kini pulih kembali.

"Saya ucapkan terima kasih kepada majelis hakim yang sudah memutuskan perkara ini sesuai fakta. Hakim sudah memutuskan secara adil," katanya kepada bangkapos.com, Rabu (6/4/2016).

Penulis: ryan augusta
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved