Warga Siap Wujudkan Rencana Erzaldi Jadikan Cambai Selatan Sentra Budidaya Jamur

Warga Desa Cambai Selatan siap mewujudkan rencana Bupati Erzaldi Rosman menjadikan desa mereka sebagai sentra budidaya jamur.

Warga Siap Wujudkan Rencana Erzaldi Jadikan Cambai Selatan Sentra Budidaya Jamur
bangkapos.com/dok
Erzaldi Rosman

Laporan wartawan bangkapos.com, dodi

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Warga Desa Cambai Selatan, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah siap mewujudkan rencana Bupati Erzaldi Rosman Djohan menjadikan desa mereka sebagai sentra budidaya jamur di Bangka.

"Kami sangat bersyukur jika Cambai Selatan dipilih untuk pusat budidaya jamur, karena dari dulu sebetulnya daerah kami pun memang banyak yang menanam jamur, tapi caranya masih tradisional," ujar salah satu sesepuh desa, Mahadir, Sabtu (9/4/2016).

Senada dengan Mahadir, Camat Namang, Risaldi juga siap mengerahkan jajarannya mengawal rencana Erzaldi itu, pasalnya dengan modal awal yang sangat minim, saat ini lima keluarga di Cambai Selatan dapat menghasilkan 70 kg jamur tiram.

"Memang sesuai arahan beliau, nanti Cambai Selatan ini akan dijadikan sentra budidaya jamur, tidak hanya tiram, tapi kedepan akan varian lain juga. Jadi desa-desa di Kecamatan Namang nanti punya karakteristik macam-macam, ada yang jadi sentra budidaya lele, jamur, ayam dan lain sebagainya," terang Risaldi.

Menurutnya, Erzaldi pun sudah menyiapkan dana sebesar Rp 20 juta yang diambil dari Anggaran Dana Desa (ADD) untuk modal tambahan bagi pembudidaya jamur.

"Sekarang kan baru lima keluarga yang ikut pendampingan budidaya, nah dengan dana dari Pak Bupati kita akan genjot lebih banyak lagi keluarga yang ikut program ini, karena sesuai pesan beliau, apapun programnya masyarakat harus langsung merasakan manfaatnya," tambahnya.

Dengan program pembudidayaan jamur ini, menurut Risaldi warga Desa Cambai Selatan berangsur-angsur semakin membaik taraf kehidupannya.

"Sebulan mereka bisa mendapatkan Rp 3-5 juta, ini kan luar biasa menurut saya. jadi nanti sistemnya semacam konsinyasi, modal dari pemerintah, lalu mereka yang budidaya, hasilnya pun pemerintah yang akan membeli, jadi kita pun sudah buat jalur distribusinya," katanya.

Penulis: Dody
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help