Begini Caranya Agar Rumah Terasa Adem Sepanjang Hari

Bagi kita yang tinggal di negara tropis, salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah menjaga suhu rumah tetap rendah.

Begini Caranya Agar Rumah Terasa Adem Sepanjang Hari
Shutterstock.com
Berbagai hal dapat memicu rumah terasa panas dan sumpek, seperti minimnya jendela, lubang angin, atau rendahnya plafon. 

BANGKAPOS.COM - Konstruksi bangunan sudah seyogyanya beradaptasi dengan lingkungan sekitar agar pemilik rumah dapat tinggal dengan nyaman di dalamnya.

Bagi kita yang tinggal di negara tropis, salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah menjaga suhu rumah tetap rendah.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi:

Rancangan rumah

Menjaga suhu rumah tetap rendah dapat dimulai dari proses perancangan. Ketika merancang, perhatikan luas tanah yang Anda miliki. Alangkah baiknya, jika Anda mampu menanam pohon dan tanaman lain di sekeliling rumah. Selain menghalau sinar matahari untuk pohon besar, daun-daun hijau juga mampu menyediakan oksigen dan memberikan kesejukan bagi Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memilih material yang mampu mendinginkan suhu rumah. Material tersebut adalah ijuk atau susunan bilah bambu. Selain itu, genteng tanah liat juga dapat menjadi pilihan.

Namun, jika Anda memilih dak beton, usahakan Anda membuat taman di atap rumah. Taman mampu menurunkan suhu ruangan di bawahnya.

Salah satu kunci membuat udara lebih dingin atau setidaknya mencapai suhu udara yang nyaman ditempati adalah membuat desain yang mampu memastikan adanya perputaran udara di dalam rumah. Secara alami, udara akan bergerak dari ruang bertekanan tinggi (bersuhu rendah) ke ruang bertekanan rendah (bersuhu tinggi) hingga mendapatkan keseimbangan.

Dengan adanya perputaran udara, dapat dipastikan ruangan tersebut memiliki temperatur cukup nyaman. Caranya, Anda bisa menyediakan ketinggian langit-langit yang cukup dan banyak ventilasi. Pastikan Anda merancang rumah dengan plafon lebih dari 3,5 meter. Plafon berukuran 4 hingga 5 meter bisa membantu Anda mengurangi penggunaan AC.

Ruang yang ada di atas plafon dan di bawah genteng Anda akan membuat bantalan udara. Suhu panas yang masuk ke dalam bangunan dapat "terperangkap" dan tersimpan dalam rongga plafon. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat membuat celah antara atap dan plafon.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved