Nikmatnya Gangan Belitung Dicampur Menggale

Jumiana (38) ibu rumah tangga di Desa Baru Manggar Beltim menerangkan, masakan berbahan dasar ikan berkuah kuning kunyit tersebut dinamakan gangan

Nikmatnya Gangan Belitung Dicampur Menggale
Pos Belitung/Nordin
Gangan dicampur menggale (singkong), Kamis (21/4) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Nordin

BANGKAPOS.COM, BELITUNG-- Sambil menyeka keringat dengan tangan, Andi (40) menyeruput kuah Gangan. Secara bergantian dia mengambil ikan yang sudah dimasak dalam masakan tersebut.

"Ah segarnya, kalau ini dicampur nasi putih aja sudah cukup," ucap Andi kepada posbelitung.com, Kamis (21/4)

Lalu diapun menikmati campuran ikan dalam masak tersebut. Dipotong tidak beraturan dengan ukuran setengan jari jempol tangan orang dewasa.

"Empuk, enak," sebut Andi sambil mengunyah menggale

Sementara Jumiana (38) ibu rumah tangga di Desa Baru Manggar Beltim menerangkan, masakan berbahan dasar ikan berkuah kuning kunyit tersebut dinamakan gangan di pulau Belitung.

Bumbu-bumnya terdiri dari kunyit, laos, cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, asam dan penyedap.

"Bumbu-bumbu tersebut di haluskan sedemikian rupa, kemudian di masak bersamaan dengan ikan," terang Ana panggilan akrab Jumiana

Menurut Ana Ikan-ikan karang paling seger dibuat gangan, misalnya ikan bulat, ketambak, seminyak. Namun ada juga ikan air tawar seperti baung, patin, lele dan sebagainya.

Dia melanjutkan, selain ikan ada beberapa bahan biasa di gunakan dalam campuran gangan. Misalnya nanas, terong, menggale (singkong), dan timun.

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved