Fitriani Sang Kartini Bangka, Tim Selam Perempuan di Sungailiat Triathlon

Fitriani (43) istri almarhum Sakinawa, Ketua Emas Diving Club, pantas disebut Kartini masa kini.

Fitriani Sang Kartini Bangka, Tim Selam Perempuan di Sungailiat Triathlon
Nurhayati/Bangkapos.com
Fitriani (43) satu-satunya tim selam berfoto bersama dengan Tim Emas Diving Club saat event Sungailiat Triathlon 2015 lalu di Pantai Tanjung Pesona. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Fitriani (43) istri almarhum Sakinawa, Ketua Emas Diving Club, pantas disebut Kartini masa kini.

Sosok perempuan berpenampilan sederhana dan bersahaja ini satu-satunya tim penyelam perempuan yang menjadi tim selam dan penyelamat pada event Sungailiat Triathlon.

Setiap tahun selama event Sungailiat Triathlon berlangsung dia bersama keenam rekannya yang semuanya pria turun langsung menyelam di perairan Tanjung Pesona.

Mengenakan pakaian selam dengan membawa tabung gas dan pemberat timah seberat 20 kg, perempuan bertubuh mungil ini tak merasakan berat beban dipundaknya. Dia sudah terbiasa membawa perlengkapan selamnya sendiri tanpa dibantu rekan-rekannya dari lokasi peralatan hingga ke bibir pantai ketika akan melakukan penyelaman.

Sejak jam 06.00 WIB Fitriani bersama rekan-rekannya sudah turun ke air untuk menyelam dikedalaman sekitar enam meter. Dia selalu memulai langkahnya dengan bismillah dan berdoa agar selalu mendapatkan perlindungan Allah SWT.

"Saya menjadi penyelam lima tahun lebih sejak tahun 2010. Bapak (almarhum suaminya Sakinawa-red)yang ngajar menyelam. Dari event Duathlon Sungailiat pada tahun 2012 sampai sekarang jadi Tim Air EDC (Emas Diving Club-red) dari tujuh orang ayuk sendiri yang cewek. Ayuk pantang nyerah lum nek katakan kalah sebelum berperang. Dulu takut air, jadi berani sering ngeliat anak-anak nyelam akhirnya ikut nyelam.," cerita Fitriani saat berbincang dengan bangkapos.com, usai memandu peserta Sungailiat Triathlon mencoba lintasan renang, Jumat (22/4/2016) kemarin.

Setiap ajang Sungailiat Triathlon digelar oleh Pemkab Bangka, Tim Air EDC ini sejak empat hari sebelum event triathlon tersebut berlangsung, sudah melalukan survei lokasi untuk lintasan renang.

Fitriani bersama rekan-rekannya dan Ketua Harian EDC Syarli Nopriansyah sudah berjibaku memasang garis lintasan hingga membersihkan area lintasan renang.
Mereka juga yang mengecek keamanan lintasan renang tersebut.

Bahkan mereka, Jumat (22/4/2016) kemarin menginap dilokasi Pantai Tanjung Pesona dengan fasilitas seadanya di pondok-pondok kecil untuk pengunjung disekitar area Pantai Tanjung Pesona. Tak ada beban bagi Fitriani dan teman-teman dalam menjalankan tugas mereka.

Halaman
123
Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved