Mbah Kamiyem Tidur Sambil Duduk Tanpa Penerangan di Gubuk Reot

Wajah kemiskinan di Gunungkidul ini bisa tergambar dari kehidupan yang dialami oleh Mbah Kamiyem.

Mbah Kamiyem Tidur Sambil Duduk Tanpa Penerangan di Gubuk Reot
TRIBUNJOGJA.COM | Hari Susmyanti
Anggota polisi,Bripka Supriyanto bersama istri dan rekannya memberikan bantuan kepada Mbah Kamiyem di Dusun Plalar, Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa(26/4/2016). 

BANGKAPOS.COM, YOGYAKARTA - Seiring majunya bidang pariwisata di Gunungkidul, ternyata masih menyisakan pekerjaan rumah besar bagi pemangku kekuasaan kabupaten terluas se-Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Di sudut-sudut daerah masih ditemukan potret kemiskinan warga kabupaten yang mengangkat slogan Gunungkidul Handayani.

Wajah kemiskinan di Gunungkidul ini bisa tergambar dari kehidupan yang dialami oleh Mbah Kamiyem (78), warga Dusun Plalar, Desa Umbulrejo, Ponjong. Nenek yang hidup sebatang kara ini tinggal di gubug reot di atas tanah milik warga.

Kondisi rumah yang sudah ditinggali selama 18 tahun ini pun jauh dari kata layak, berupa gubug reot berukuran 2x3 meter.

Dindingnya terbuat dari bambu dan gedek( anyaman bambu) yang sudah berlubang di sana sini. Lantainya pun hanya berupa tanah serta tidak memiliki listrik untuk penerangan di malam hari.

Dalam gubug pun hanya ada dua tempat tidur yang terbuat dari bambu serta kasur lantai pemberian orang.

Tidak ada perkakas yang lengkap, hanya ada tungku yang berdekatan dengan tempat tidur. Sementara untuk memasak, Kamiyem mendapatkan bantuan dari donatur berupa wajan dan ketel.

Di dalam rumahnya tersebut, Kamiyem sudah 18 tahun menahan dinginnya angin malam serta air hujan yang menetes karena banyak genting yang berlubang.

Kadang saat hujan deras, dia terpaksa harus tidur sambil duduk karena tempat tidurnya basah terkena air hujan.

Beruntung, beberapa waktu yang lalu, warga yang prihatin dengan kondisi Kamiyem secara bergotong royong memperbaiki gubug reotnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved