BangkaPos/

ibu muda berkarya 2016

Ini Lo Syarat Ikut Kontes Ibu Muda Berkarya, Single Parent alias Janda Juga Boleh

Ini tahun kelima IMB, dan setiap tahun antusiasme benda-benda juga besar, tadinya peserta tahun ini ada 20 orang, namun satu orang sakit.

Ini Lo Syarat Ikut Kontes Ibu Muda Berkarya, Single Parent alias Janda Juga Boleh
Bangka Pos/*
PEMENANG Ibu Muda Berkarya 2016 Sri Widayanti (tengah), didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Babel (paling kiri), Runner Up 2, Masitoh (dua kiri), Runner UP 1, Winarti (dua kanan) dan Ketua Yayasan Ibu Muda Berkarya, Eka Gunawan (paling kanan). 

BANGKAPOS.com, BANGKA - Yayasan Ibu Muda Berkarya (IMB) menyelenggarakan pemilihan Ibu Muda Berkarya 2016, di Hotel Santika, Sabtu (30/4), dengan mengusung tema peningkatan nilai-nilai kejuangan perempuan Indonesia Bangka Belitung.

Ketua Yayasan Ibu Muda Berkarya, Eka Gunawan mengatakan kegiatan ini merupakan satu-satunya kontes di Babel bagi ibu-ibu muda yang ingin mendedikasikan dirinya tidak hanya untuk keluarga tetapi juga untuk masyarakat luas. Saat ini kiprah Ibu Muda Berkarya menjangkau lingkungan sosial.

"Ini tahun kelima kami melaksanakan IMB, dan setiap tahun antusiasme benda-benda juga besar, tadinya peserta tahun ini ada 20 orang namun karena yang satunya sakit jadi tinggal 19, kegiatan-kegiatan mereka yang sudah terpilih ini banyak tapi tetap tergabung dalam Yayasan," kata mantan IMB 2011 ini.

Eka menambahkan untuk menjadi peserta IMB tidak dikenakan persyaratan khusus, semua kalangan dan pernah menikah Mejadi syarat utama. Menurut Eka adanya pemilihan IMB ini untuk mendorong dan menginspirasi ibu-ibu di luar sana agar bisa bekarya lebih maksimal yang bisa diwadahi dan dibantu oleh IMB.

"Syarat utama adalah pernah menikah, tapi boleh juga single parents, kita memang ada biaya pendaftaran 250 ribu tapi kan ini untuk kegiatan ini juga, untuk menentukan pemenang kita memiliki beberapa penilaian seperti attitude, psikologis, wawasan. Karena untuk menginspirasi banyak orang mereka minimal harus memiliki itu," jelasnya.

Ibu Sekda Provinsi Bangka Belitung, Yanti Anita Syahrudin yang menghadiri kegiatan ini mengapresiasi kegiatan kewanitaan yang dipelopori Yayasan Ibu Muda Berkarya sebagai wadah yang memfasilitasi perempuan-perempuan untuk menunjukkan karya terbaik yang menunjang pembangunan nasional.

"Ini merupakan wadah bagi perempuan-perempuan di Babel untuk mendorong perempuan agar menunjukkan karya yang lebih besar untuk membantu pembangunan nasional baik sebagai pendamping maupun pelaksana," ujar perempuan berhijab dalam sambutannya.

Yanti menambahkan tanpa mengesampingkan kodratnya seorang perempuan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dan dikiprahkan dalam lingkungan sosial yang lebih besar. Ia berharap kegiatan IMB dapat terus berlangsung dengan peserta yang lebih banyak lagi dan kegiatan kewanitaan yang lebih beragam untuk pemberdayaan perempuan.

"Wanita perlu membekali diri dengan keterampilan dan kecerdasan, secara kodrat perempuan memang harus melaksanakan kodratnya, namun saat ini juga mempunyai kesempatan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara khususnya Babel," sebutnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Babel, Yuli Astuti yang sekaligus juri dalam pemilihan IMB 2016 merespons positif kegiatan Ibu Muda yang dapat berkarya untuk menambah wawasan dan pemberdayaan bagi perempuan-perempuan di Babel.

Ia berharap finalis yang terpilih nanti dapat mengedukasi dan mensosialisasikan peran perempuan kepada masyarakat yang lebih luas.

"Kita lihat dari pesertanya ini dari berbagai kalangan ada yang Ibu RT, Pengusaha, PNS ini artinya perempuan dari kalangan manapun berkesempatan untuk berkarya dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat lebih luas, kegiatan ini kan menarik dan akan saya kirim ke kementrian, ini merupakan wadah bagi perempuan untuk bisa mandiri dan sukses," katanya usai menghadiri acara IMB 2016.

Editor: Tariden
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help