Kajati Babel Happy Persilahkan Manfaatkan Jaksa Sebagai Pengacara Negara

Jaksa adalah pengacara negara sehingga perlu dimanfaatkan oleh semua instansi pemerintah, termasuk BUMN dan BUMD.

Kajati Babel Happy Persilahkan Manfaatkan Jaksa Sebagai Pengacara Negara
IST
Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi bersama rombongan berkunjung ke Kejati Babel, Selasa (3/5/2016).

Laporan wartawan bangkapos.com, dodi h

BANGKA, BANGKAPOS -- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bangka Belitung Happy Hadiastuty SH CN menegaskan, sesuai amanat undang-undang, jaksa adalah pengacara negara sehingga perlu dimanfaatkan oleh semua instansi pemerintah, termasuk BUMN dan BUMD.

“Sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi-red), jaksa sebagai pengacara negara itu bisa mewakili BUMN dan BUMD, baik sebagai penggugat maupun tergugat. Pun jaksa, dalam konteks ini, bisa dimintai pendapat hukumnya,” ujar Happy ketika menerima kunjungan silaturahim Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi di ruang kerjanya, Kejati, Senin (03/05/2016).

Dalam silaturahim yang berlangsung penuh kekeluargaan itu, Kajati didampingi Wakajati Fachruddin SH MH, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Ariefsyah SH MH, Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Bambang Hartoto SH MH, Asisten Bidang Intelijen (Asintel) Timbul P. SH MH ,Asisten Bidang Tindak Pidana Umum (Aspidum) Sutanto SH MH, Asisten Bidang Pembinaan Meiza Khoirawan SH MH dan Asisten Bidang Pengawasan Shirley Sumuan SH MH.

Sementara rektor UBB terpilih untuk masa bakti 2016-2020, Dr Ir Muh Yusuf, datang bersama Wakil Rektor I Ismed Inonu, Wakil Rektor II Suhdi, Dekan Fakultas Ekonomi Reniati, Dekan Fakultas Teknik Fadilah Sobri, Dekan Fisip Ibrahim, Dekan Fakultas Hukum Samsul Hadi, Dekan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi Kartika, Kepala UPT Kerjasama, Humas, Eddy Jajang J Atmaja, dosen Fakultas Ekonomi Doni Yanuar dan dosen FH, Rio Armanda (Ketua LKBH UBB).

Dalam silaturahim itu, Dr Ir Muh Yusuf MSi memperkenalkan diri sebagai orang baru di Bangka Belitung, yang diberi amanah sebagai Rektor UBB. Yusuf meminta dukungan kerjasama dan masukan dari Kejaksaan Tingggi kepada UBB.

“Saya ini orang baru di Babel, sehingga perlu mengenalkan diri kepada segenap pimpinan di daerah ini,” ujar pria kelahiran Sragen tahun 1958 ini, dalam release yang diterima bangkapos, Selasa (3/5/2016) petang.

Rektor menambahkan di Universistas Diponegoro, Semarang, ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Happy menanggapi bahwa ia berserta seluruh staf mendukung penuh visi dan misi UBB, antara lain mencetak kader bangsa. Ia jelaskan, sama halnya dengan Universitas Bangka Belitung (UBB), kehadiran institusi kejaksanaan di Bangka Belitung, tak lain untuk ikut bersama-sama membangun daerah ini.
Terlebih lagi, lanjut mantan wakajati Banten ini, dengan telah terbentuknya TP4D (Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah), maka peran kejaksaan adalah juga melakukan pengamanan dan pengawalan dari semua kegiatan strategis.

“TP4D itu diketuai Asintel, sementara wakilnya Asdatun. Dalam konteks TP4D itu, jaksa antara lain bisa dimintai masukannya: mulai dari perencanaan, tender hingga pelaksanaan kegiatan proyek atau pengadaan di instansi pemerintah. Mari manfaatkan TP4D ini,” ujar Happy.

Kajati memberi contoh masukkan TP4D, menyusul permintaan pendapat hukum dari pihak DPRD tentang adanya kegiatan mendadak, namun biaya kegiatan itu tidak tercantum dalam anggaran.

Halaman
12
Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved