Zarpin: Yo Donorkan Darah, Duniawi Sehat Akhirat pun Sehat

Duduk santai menikmati setiap aliran darah yang masuk ke kantong darah menjadi rutinitas Zarpin warga Sungailiat setiap tiga bulan sekali.

Zarpin: Yo Donorkan Darah, Duniawi Sehat Akhirat pun Sehat
Bangkapos.com/Nurhayati
Zarpin dibantu Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka, mendonorkan darahnya pada aksi donor darah yang dilaksanakan Pemuda Agama Khonghucu Indonesia Kabupaten Bangka di Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Sungailiat, Minggu (8/5/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Duduk santai menikmati setiap aliran darah yang masuk ke kantong darah menjadi rutinitas Zarpin warga Sungailiat setiap tiga bulan sekali.

Donor darah bagi pria lulusan SMEA Yapensu Tahun 1992 ini tidak menjadi beban, justru menjadi kegiatan rutin yang menyenangkan karena dia bisa berbagi agar bisa menyelamatkan nyawa sesama manusia.

Sejak sekolah di SMEA dia rutin mendonorkan darah. Pada kegiatan donor darah yang diselenggarakan Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN) Sungailat ini, kegiatan donor darah ini yang ke 89 kali dilakukan Zarpin.

"Saya aktif dan rutin, dak diminta pun datang sendiri setiap tiga bulan sekali untuk mendonorkan darah," kata Zarpin berbincang dengan bangkapos.com disela-sela donor darah yang dilakukannya di Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Sungailiat, Minggu (8/5/2016).

Ia bersyukur sejak donor darah justru membuatnya tubuhnya sehat dan tidak menderita penyakit dalam.

"Saya donor darah pengen sehat karena tahu dengan donor darah membuat badan kita sehat. Secara duniawi sehat, secara akhirat sehat bisa membantu orang," ungkap Zarpin.

Setelah mendonorkan darahnya ia rutin meminum rebusan air daun singkong. Air rebusan daun singkong ini dari dua gelas dijadikan satu gelas dan diminum siang dan malam.

"Minum air pucuk ubi ini bikin trombosit dan HB darah jadi cepat naik. Sirkulasi darah jadi lancar, dan pucuk ubinya untuk lalap cicel rusip enak," kata Zarpin tertawa.

Untuk itu dia mengajak masyarakat mendonorkan darah. Jika ingin sehat menurutnya rajinlah mendonorkan darah karena dengan menyumbangkan darah tidak hanya membuat diri sendiri bahagia tetapi juga membahagiakan orang lain.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved