Yudisium Diibaratkan Akad Nikahnya Sebuah Perkawinan

Yudisium kali ini, menurut Dekan FP2B Kartika SP MSi, yudisium sarjana baru disatukan dalam satu tempat.

Yudisium Diibaratkan Akad Nikahnya Sebuah Perkawinan
IST
Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) Universitas Bangka Belitung (UBB), menggelar yudisium 20 sarjana baru, di Kampus Universitas Bangka Belitung, Balunijuk Bangka, Senin (9/5/2016).

Laporan Wartawan Bangkapos.com, Dodi Hendriyanto

BANGKAPOS.COM, BANGKA, -- Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B) Universitas Bangka Belitung (UBB), menggelar yudisium 20 sarjana baru, di Kampus Universitas Bangka Belitung, Balunijuk Bangka, Senin (9/5/2016).

Acara yudisium kali ini berbeda dari yudisium-yudisium sebelumnya. Yudisium kali ini, menurut Dekan FP2B Kartika SP MSi, yudisium sarjana baru disatukan dalam satu tempat. Sebelumnya tiap program studi (prodi/jurusan) masing-masing menggelar yudisium sendiri.

“Tahun lalu, selalu digelar bergelombang. Tapi kali ini ada ide bagaimana pelaksanaan yudisium disantukan dan digelar ‘bareng’ dengan pelepasan sarjana baru. Bila ide ini dalam pelaksanaannya baik, akan kita pertahankan,” komentar Kartika.

Awal Mei ini FP2B meyudisum 20 sarjana baru. Sebanyak 15 orang di antaranya berasal dari Jurusan (Prodi) Agroteknologi, empat dari Manajemen Sumberdaya Perairan dan seorang dari Jurusan Biologi. Sebelumnya, Februari, FP2B meyudisium sarjana baru, dua antaranya berasal dari Jurusan Agribisnis.

“Sesuai dengan isi surat keputusan FP2B yang telah kita keluarkan, kini mereka berhak mencantumkan gelar sarjana pertanian atau SP, sarjana perikanan atau S.Pi dan sarjana sains atau SSi untuk alumni jurusan Biologi,” ujar Kartika.

Pada bagian sambutannya Kartika mengupas makna filosofi yudisium. Menurutnya jauh lebih bermakna ketimbang wisuda, yang ia ibaratkan sebagai akad nikahnya sebuah perkawinan.

“Untuk apa pesta meriah tanpa akad nikah. Yudisium itu akad nikah, harus diikuti setiap alumni, sebelum mereka mengikuti acara wisuda,” ulas Kartika.

Usai acara yudisium prosesi selanjutnya adalah pelepasan sarjana baru di ruang terbuka di muka jurusan Biologi. Dihadiri staf, dosen dan mahasiswa FP2B, acara yang berlangsung penuh keakraban ini diwarnai dengan pertunjukkan musik akustik yang dipersembahkan oleh mahasiswa/i FP2B. (*)

Penulis: Dody
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help