Bank Sumsel Babel Raih Empat Penghargaan

Bank Sumsel Babel raih penghargaan yakni 'TOP BPD 2016, TOP BUMD 2016 (OVERALL), TOP CEO BUMD 2016

Bank Sumsel Babel Raih Empat Penghargaan
marketeers.com

Laporan Wartawan Bangka Pos, Rusaidah

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kesekian kalinya bank kebanggaan milik masyarakat Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung dapat mempersembahkan prestasi terbaiknya pada salah satu ajang penghargaan bertaraf nasional TOP BUMD 2016 yang berlangsung di Hall D, Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta, Kamis (5/5) lalu.

Acara tersebut turut dihadiri oleh 3500-an undangan, yang terdiri dari 40-an Gubernur, Bupati, Wali Kota, dan Sekretaris Daerah, serta ratusan direksi dan manajer BUMD dari seluruh Indonesia.

Dari rilis yang diterima bangkapos.com, Selasa (10/5/2016) malam, pada event ini berdasarkan hasil evaluasi kinerja 2015/2016, Dewan Juri menilai dan dalam putusan akhirnya menganugerahkan award kepada Bank Sumsel Babel pada beberapa kategori yakni 'TOP BPD 2016, TOP BUMD 2016 (OVERALL), TOP CEO BUMD 2016 kepada Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Muhammad Adil.

Atas segala prestasi tersebut, Dewan Juri juga memutuskan memberikan award kepada Gubernur Sumatera Selatan dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam kategori 'TOP PEMBINA BUMD 2016' yang dalam kesempatan tersebut untuk Gubernur Sumatera Selatan penerimaan penghargaannya diwakilkan oleh Mukti Sulaiman selaku Sekda Provinsi Sumsel dan untuk Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakilkan oleh Budiman Ginting, selaku Asisten II Bidang perekonomian dan Pembangunan Setda Babel.

Penilaian yang dilakukan oleh 21 orang dewan juri dan 10 orang tim penilai ini, tidak hanya melihat dari kinerja usaha dan sumbangan PAD-nya saja, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana peran, keberpihakan, dan keterlibatan BUMD agar menjadi motor pembangunan perekonomian daerah.

"Sebagai contoh, dana masyarakat dari daerah, akan jauh lebih bermanfaat jika dimanfaatkan atau dipergunakan untuk pembangunan daerah dan pembiayaan usaha di daerahnya," tegas Ketua Dewan Juri TOP BUMD 2016, Laode M Kamaluddin.

Memfokuskan pada dua aspek, yakni Achievement (prestasi) dan Improvement (peningkatan) yang telah dilakukan oleh BUMD, dalam 1-2 tahun terakhir, yang dikaitkan dengan semangat Nawacita dan Revolusi Mental.

Dewan Juri juga menilai implementasi kebijakan BUMD dalam mendukung Visi Pembangunan Nasional, yakni Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian yang berlandaskan Gotong Royong, serta mengaitkan dengan kebijakan implementasi Revolusi Mental.

Dalam proses pemilihan Top BUMD 2016 dilakukan seleksi dari aspek kinerja baik kuantitatif dan kualitatif termasuk peran serta pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerahnya dan tentunya manfaat bisnis bagi para Shareholdersnya serta tetap selalu mengedepankan aspek Good Corporate Governance. Didalam parameter penilaian tersebut juga mengacu kepada aspek TARIF yaitu Transparasi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Indepedensi dan Fairness.

Tentunya penghargaan yang telah diberikan kepada Bank Sumsel Babel tersebut patut disyukuri dan dibanggakan namun tidak membuat bank ini menjadi cepat berpuas diri, melainkan terus melakukan pembenahan pembenahan, inovasi guna dapat memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Sumatera Selatan dan Bangka Belitung khususnya kepada para nasabah dan stakeholders.

Penghargaan yang diraih tersebut adalah merupakan hasil prestasi bersama dari para stakeholders yang selalu berkomitmen untuk mendukung Bank Sumsel Babel terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Turut tampil sebagai Keynote Speech dalam acara Award Top BUMD 2016 tersebut yakni Menteri Perdagangan RI, Thomas T Lembong, Menteri Perindustrian RI, Saleh Husein, Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo dan Ketua DPD RI, Irman Gusman. (*)

Penulis: rusaidah
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved