Masinton: Jabatan Kapolri Diperpanjang Akan Mematikan Regenerasi Polri

Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mempertanyakan urgensi terkait munculnya wacana perpanjangan masa jabatan kapolri

Masinton: Jabatan Kapolri Diperpanjang Akan Mematikan Regenerasi Polri
TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mempertanyakan urgensi terkait munculnya wacana perpanjangan masa jabatan kapolri oleh Presiden Joko Widodo.

Sebab menurutnya, tidak ada frasa yang mengatur diperbolehkannya memperpanjang masa jabatan Tribrata I bila mengacu pada Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

"Dalam pasal 11 ayat 1 itu berbunyi 'Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat', nah apa urgensi untuk memperpanjang masa jabatan itu," kata Masinton di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan, dalam mengangkat seorang pimpinan Polri harus mengacu pada ayat 6 bahwa yang dapat menjabat adalah polri aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier perwira tinggi tersebut.

"Jika tidak, tentu akan mematikan regenerasi yang ada dalam institusi kepolisian nantinya, sebab (jika dilakukan perpanjangan) akan membuat mandek angkatan (regenerasi) dan penyegaran angkatan yang ada di bawahnya," tandasnya.

Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved