Hati-hati Beli Mobil Bekas Murah dengan Segudang Masalah

Mobil yang sudah pernah terendam banjir pasti nanti ada masalah, apakah korslet atau masalah lainnya, meski sudah diperbaiki.

Hati-hati Beli Mobil Bekas Murah dengan Segudang Masalah
KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Membeli mobil bekas, hati-hati dapat kendaraan bekas terendam banjir. Jangan sampai ingin untung malah buntung gara-gara tergiur harga murah, tetapi belakangan buang uang untuk reparasi.

"Mobil yang sudah pernah terendam banjir pasti nanti ada masalah, apakah korslet atau masalah lainnya, meski sudah diperbaiki," ungkap Chief Operation Officer mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan. [Kompas.com, 26/2/2015].

Pembeli akan dihadapkan dengan mesin dan kerangka yang berkarat, turun mesin, sistem engine control unit (ECU) rusak, dan masalah kebersihan dalam mobil.

"Komponen-komponen yang harus diganti itu biayanya mahal,” ujar Fischer.

Hitungan reparasi

Membeli mobil bekas tentu saja sah bila menyiapkan dana untuk reparasi. Bisa jadi, ada aksesori yang ingin diganti karena beda selera dengan pemilik lama.

Atau, malah sekalian mau upgrade tampilan ataupun kemampuan kendaraan, mumpung dapat harga lebih murah daripada beli baru. Tinggal dihitung seberapa banyak dana itu yang layak dipertimbangkan.

Untuk usia mobil bekas di bawah dua tahun, estimasi perbaikan kurang lebih Rp 1 juta sampai Rp 2 juta.

Adapun untuk usia 3 tahun sampai 4 tahun, mobil biasanya sudah mengalami sedikit gangguan di ban, karet pintu, kanvas rem, baret pada bodi, sarung jok, atau kaki-kaki.

Estimasi biaya perbaikan bisa mencapai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved