Lebaran Ruwah Desa Keretak, Ketupat dan Lepat Jadi Sajian Wajib di Rumah Warga

Menjelang tibanya bulan Ramadhan ada tradisi khas nan sakral yang dirayakan masyarakat Pulau Bangka yaitu tradisi Nisfu Sya'ban atau Ruwah Kubur.

Lebaran Ruwah Desa Keretak, Ketupat dan Lepat Jadi Sajian Wajib di Rumah Warga
Bangkapos.com/dok
Warga membaca Surat Yasin dan doa bersama di pemakaman umum Desa Keretak mengawali tradisi tahunan Ruwah Kubur ‎Desa Keretak Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah, beberapa waktu lalu.

Laporan wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menjelang tibanya bulan Ramadhan ada tradisi khas nan sakral yang dirayakan masyarakat Pulau Bangka yaitu tradisi Nisfu Sya'ban atau Ruwah Kubur.

Tradisi ini diperingati pada hari yang berbeda oleh masyarakat Bangka.

Ada yang memperingatinya sebelum jatuh pada tanggal 15 Sya'ban, ad yang berteptan dengan malam hari ke 15 Sya'bn dan ada pula yang diperingati pasca tanggal 15 Sya'ban.

Salah satu desa yang menggelar tradisi Ruwah Kubur sebelum tanggal 15 Sya'ban adalah Desa Keretak Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah.

Desa ini menggelar tradisi Ruwah Kubur, Kamis (19/5) bertepatan dengan tanggal 12 Sya'ban.

Tak jelas kenapa desa ini menggelar tradisi Ruwah Kubur sebelum tanggal 15 Sya'ban.

Yang jelas tradisi ini bernilai sangat sakral bagi warga desa setempat dan lebih ramai dari hari besar keagamaan seperti Lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha.

‎"Ruwah Kubur Desa Keretak digelar Kamis (19/5). Ini sudah jadi agenda adat tahunan. Bagi masyarakat setempat tradisi ini lebih ramai dari lebaran," ungkap Camat Sungaiselan Budi Utama, Rabu (18/5).

Ia menjelaskan, tradisi Ruwah Kubur Desa ‎Keretak akan diawali dengan pembacaan Yassin dan doa secara massal pada Kamis (19/5) pagi di pemakaman umum Desa Keretak dan selanjutnya masyarakat akan menggelar tradisi Nganggung yang dipusatkan di mesjid Al Ikhsan Keretak.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help