Gubernur Rustam Ruwahan Bersama Anak Yatim

Gubernur Bangka Belitung (Babel) H Rustam Effendi menggelar ruwahan bersama anak panti asuhan Yayasan Muhammadiyah dan Yayasan Aisiyah

Gubernur Rustam Ruwahan Bersama Anak Yatim
IST
H Rustam Effeendi Gubernur Babel, saat bersama anak yatim dalam acara ruwahan di Mahligai Serumpun Sebalai.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Bangka Belitung (Babel) H Rustam Effendi menggelar ruwahan bersama anak panti asuhan Yayasan Muhammadiyah dan Yayasan Aisiyah, Babel.

Acara ruwahan yang berlangsung di Mahligai Serumpun Sebalai, Kamis (26/5/2016).

Dalam kegiatan tersebut, Rustam juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu dari Yayasan Muhammadiyah dan Yayasan Aisiyah, Babel.

Rustam menjelaskan,ruwahan bukan sekedar seremoni biasa jelang bulan puasa.

Akan tetapi, tradisi masyarakat Babel yang harus dilestarikan karena banyak mengandung nilai-nilai kebaikan.

"Di Bangka maupun Belitung, ruwahan malah dulu digelar di tiap-tiap rumah sebelum memasuki Ramadhan. Ruwah adalah bulan mengenang leluhur dengan mendoakan arwah mereka dan juga bersedekah," ungkap Rustam.

Orang Pertama di Provinsi Kepulauan Babel, mengemukakan, dengan Ruwahan, sebenarnya sudah bertekad untuk meningkatkan amalan ibadah selama Ramadhan 1437 Hijriyah mendatang.

Sehingga tercapai kesempurnaan ibadah.

Dengan mengundang elemen ummat Islam maupun para pejabat di lingkungan Pemprov Babel, maka ini menjadi momen mempererat ukhuwah islamiyah (persatuan Islam) di provinsi kepulauan ini.

"Kita berdoa untuk arwah leluhur, juga berdoa bersama memperoleh Ramadhan terbaik. Ruwahan juga penting sebagai simbol gotong royong masyarakat Indonesia masih kuat pada suku melayu di Babel," katanya. (rya)

Penulis: agusrya
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help