BangkaPos/

Belitung Timur Dibombardir Bom

Empat pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) berputar-putar di langit.

Belitung Timur Dibombardir Bom - ledakan-bom-di-awr_20160601_093200.jpg
POS BELITUNG
Ledakan Bom di AWR
Belitung Timur Dibombardir Bom - tentara-lontarkan-bom_20160601_093241.jpg
POS BELITUNG
Tentara lontarkan bom
Belitung Timur Dibombardir Bom - penerjun-payung_20160601_093550.jpg
POS BELITUNG

SUASANA kawasan AWR Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, sangat riuh, Selasa (31/5). Empat pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) berputar-putar di langit. Masing-masing membawa empat bom Mk-82 LDGP (low drag general perpose bomb). Selain itu ada juga pasawat tempur TNI AU Hawk 100/200.

Kehadiran pesawat tempur itu dalam rangka latihan puncak Jalak Sakti 2016 yang digelar Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I). Latihan tersebut memeragakan simulasi penyerangan pertahanan musuh, dari udara maupun dari darat.

Ada tiga simulasi yang diperagakan penghancuran musuh di darat melalui serangan udara, serta satu simulasi penghancuran musuh dari tembakan mortar oleh Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU.

Serangan udara berupa penghancuran komando dengan pengemboman oleh pasawat tempur TNI AU F-16 FightingFalcon. Dilanjutkan penghancuran target udara musuh dengan tembakan dari pasawat tempur TNI AU Hawk 100/200.

Target ketiga serangan udara dengan pesawat TNI AU Hawk 100/200, terhadap kekuangan musuh yang masih mengancam. Dilanjutkan dengan target keempat penghancuran konsentrasi pasukan musuh, dari serangan darat menggunakan mortar oleh Paskhas TNI AU.

Dalam simulasi penghancuran musuh dari udara dari latihan Jalak Sakti ini, ada empat pesawat F-16 Fighting Falcon, yang masing-masing membawa empat bom Mk-82 LDGP (low drag general perpose bomb).

Target sasaran pun meledak, asap hitam menggumpal meninggi dan permukaan tanah pun terangkat, setelah dihantam bom Mk-82 yang ditembak dari pesawat F-16 Fighting Falcon.

Getaran pun terasa hingga sampai ke menara penawas tak jauh dari panggung kehormatan yang ditempati para tamu undangan maupun jajaran TNI AU.

"Waaw suara bomnya ngeri benar sampai begetar, alarm mobil juga bebunyi saking kuatnya getarannya," ceteluk warga yang menyaksikan dari kejahuan, saat jet tempur F-16 Fighting Falcon melepaskan tembakan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help