BangkaPos/

Hasil Tangkap Ikan Berkurang, Nelayan Hentikan PIP di Laut Selindung

Beroperasinya PIP dinilai mengurangi hasil tangkapan nelayan akibat limbah tambang yang mencemari laut.

Hasil Tangkap Ikan Berkurang, Nelayan Hentikan PIP di Laut Selindung
bangkapos.com/Anthoni
Perahu yang digunakan warga menuju PIP 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Perwakilan nelayan dari Desa Air Limau, Rambat, Air Nyato, Pangek, Keranji, Air Putih mendatangi Ponton Isap Produksi (PIP) di Perairan Laut Selindung, Desa Air Putih, Muntok, Senin (30/5).

Warga tergabung dalam Forum Nelayan Bangka (Fornebak) menyambangi PIP yang berada di Perairan Selindung menggunakan empat perahu. Pasalnya jarak tempuh melalui jalur laut, lebih dekat ketimbang jalur darat.

Mereka menghentikan delapan PIP binaan BUMD Babar yang tengah beroperasi.

Di sekitar pesisir pantai, terlihat Pj Kades Air Putih Rohmadi, Bhabinkamtibmas dan Kanit Intel Polsek Muntok, Danpos TNI AL Muntok Letda (P) Imam.

Seorang perwakilan nelayan, Roaidi mengatakan aksi yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk penolakan beroperasinya PIP di Perairan Selindung.

Beroperasinya PIP dinilai mengurangi hasil tangkapan nelayan akibat limbah tambang yang mencemari laut.

Bahkan menurut Roaidi saat ini nelayan bagan mengeluh karena hasil tangkapan mereka tak sebanding dengan biaya operasional.

"Warga di sini menolak beroperasinya PIP, karena limbahnya akan berimbas pada tangkapan kami. Sekarang pun nelayan bagan sudah mengeluh, hasil tangkapan semakin sedikit," ujar Roaidi.

Menurutnya, laut tidak bisa dijadikan patok. Nelayan bebas melaut di mana saja. Sehingga, dia tak habis pikir ada segelintir oknum masyarakat yang mematok wilayah dan batasan laut.

Bahkan mereka mengklaim PIP beroperasi di wilayah laut mereka.

"Makanya kami tak habis pikir ada oknum yang mengklaim batasan laut. Padahal gerak-gerik nelayan tidak ada yang bisa membatasi. Kalau mereka mengaku punya batas laut, kami minta dibuatkan dam," pungkasnya. (L3)

Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help