Kisah Sukses Rahman Pananto Tukang Cuci Piring Jadi Chef Sushi Bergaji Rp 200 Juta

Kini Rahman Pananto sudah menjadi kepala chef sushi di sebuah restoran Jepang di kota Fairfax, Virginia, AS.

Kisah Sukses Rahman Pananto Tukang Cuci Piring Jadi Chef Sushi Bergaji Rp 200 Juta
Voa Indonesia
Rahman Pananto 

BANGKAPOS.COM - Mengawali karirnya sebagai tukang cuci piring di restoran di Amerika Serikat, kini pemuda asal Kota Malang, Rahman Pananto, sudah menjadi kepala chef sushi di sebuah restoran Jepang di kota Fairfax, Virginia, AS.

Kini penghasilan mingguan sekitar Rp 50 juta atau Rp 200 juta per bulan.

Seorang pemuda asal Bantur, Malang, Jawa Timur, kini menjabat sebagai kepala chef atau koki sushi di sebuah restoran Jepang bernama 'Samurai,' yang terletak di kota Fairfax, di negara bagian Virginia.

Dia adalah Rahman Pananto yang sudah 11 tahun bermukim di Amerika.

“Bangun tidur sudah pegang ikan,” kata Rahman sambil bercanda.

Sejak kecil memang Rahman selalu membantu bapak dan ibunya berjualan ikan. Siapa yang menyangka ternyata kini profesinya tidak jauh-jauh dari ikan.

Awalnya tidak pernah terpikir oleh Rahman untuk menjadi chef sushi di AS. Untuk berjuang mencari pekerjaan di AS pun bukanlah hal yang mudah.

“Susah-susah gampang. Tapi kalau kita tahu informasi, tahu komunitas, ada komunitas namanya Kuli Dollar (di Washington, DC). Itu sangat membantu,” jelas pria kelahiran tahun 1981 ini.

Persaingan untuk menjadi sushi chef di restoran-restoran di AS juga sangat ketat. Tidak putus asa, Rahman kemudian mengawali karirnya di AS dengan mencuci piring di restoran.

Dari situ Rahman pindah kerja dan mengikuti pelatihan di kedai sushi di sebuah supermarket di AS, di mana ia diajarkan pengetahuan dasar mengenai sushi.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help