Video: Warga Namhin Peh Cun di Dermaga Tirus-Perimping

Dalam suasana Petcun, Kamis (9/6/2016), warga Tionghoa di Kampung Namhin Dusun Tirus Desa Riau Kecamatan Riausilip

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam suasana Petcun, Kamis (9/6/2016), warga Tionghoa di Kampung Namhin Dusun Tirus Desa Riau Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka, tidak keluar untuk sekedar berkunjung pantai.

Namun mereka lebih memilih berkumpul bersama ditepi dermaga nelayan di Dusun Tirus. Dermaga Tirus berada disekitar daerah aliran sungai Perimping dan dermaga kayu kertas.

Dalam petcun tersebut, yang datang hanya sebagian saja.

"Sebagian saja yang datang di dermaga ini, yang lain nggak pada datang, mungkin ada kepentingan lain. Biasa la, kalau setiap Peh cun, kami biasa ngumpul di dermaga ini, paling ngelempah ikan, makan siang ramai-ramai, sudah tu ya sudah, langsung pulang" kata warga setempat Aloy Kamis (9/6/2016).

Dikatakan Aloy, setiap Petcun, dermaga nelayan Tirus dijadikan tempat warga etnis berkumpul.

"Setiap tahun kalau petcun, tempat ngumpulnya disini lah, kami nggak pergi ke pantai. Petcun hari ini nggak begitu ramai seperti tahun lalu," kata Aloy.

Jika saat Pet cun, masyarakat terutama dari warga keturunan dibeberapa daerah, ramai-ramai datang ke pantai dan sekitar pukul 12.00 WIB meletakkan telur ayam dan telur itu bisa berdiri, tapi hal itu tidak dilakukan warga keturunan di Dusun Tirus.

Warga keturunan di dusun ini, hanya berkumpul di tepi dermaga nelayan setempat, untuk menikmati makan siang bersama, sambil menikmati kolam dermaga yang sebagian besar sedang mengalami surut.

Dalam pet cun tersebut, warga Keturunan di Dusun Tirus, juga tidak sampai membawa telur ayam untuk letakkan di tempat datar, sehingga telur itu bisa berdiri tegak tepat pukul 12.00 WIB, atau tengah hari.

"Kami nggak sampai ke hal itu (membawa telur ayam dan di jam 12.00, telur bisa berdiri tegak), ya habis ngumpul dan makan siang, ya kami langsung pulang, nggak ada lihat fenomena telur ayam bisa berdiri," ujar Aloy.

Penulis: riyadi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved