Manusia Purba Musnah saat Gunung Danau Toba Meletus 74 Ribu Tahun Lalu

Tesis ini dibuat Karmel karena kecintaannya terhadap pengembangan kawasan Danau Toba.

Manusia Purba Musnah saat Gunung Danau Toba Meletus 74 Ribu Tahun Lalu
net
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM, MEDAN - Karmel Hebron Simatupang menyelesaikan tesisnya di Tunghai University Taiwan dengan judul Toba Caldera Geopark Discourse.

Tesis ini dibuat Karmel karena kecintaannya terhadap pengembangan kawasan Danau Toba.

Berbagai referensi dari sudut geologi ia temukan salah satunya buku dari Rose and Chesner yang menggambarkan kedahsyatan letusan Gunung Toba beribu tahun lalu.

"Berdasarkan buku karangan Rese and Chesner tahun 1987, Ini super volcano terbesar di dunia yang pada saat itu mampu mempengaruhi iklim dunia sekitar 74 ribu tahun yang lalu. Dan letusan itu letusan ketiga dari Gunung Toba," jelas Karmel Hebron Simatupang sambil memperlihatkan referensi tesisnya kepada www.tribun-medan.com di Kantor RKI, Jumat (10/6/2016).

Ia menjelaskan, abunya tersebar di 2.100 lokasi di seluruh dunia hingga ke kutub Utara. Yang lebih dahsyatnya ada fakta yang juga dikemukakan Chesner, bahwa letusan Toba menciptakan kegelapan total di bumi selama enam tahun dengan suhu lima derajat celcius,

Karmel juga memberikan referensi lain mengenai geologi di Gunung Toba.

"Dalam buku Van Bammelen tahun 1939 juga mengatakan bahwa letusan Toba itu sangat dahsyat, Kompas TV juga pernah menginformasikan bahwa 2/3 populasi manusia purba musnah akibat letusan ini," sambung Karmel Hebron Simatupang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Karmel Hebron Simatupang, membawa harum Indonesia ketika berhasil menyelesaikan tesisnya berjudul Toba Caldera Geopark Discourse di Departemen of political Science/ Internasional Relations Division Tunghai University Taiwan.

Sebelumnya pria kelahiran Sipoholon 12 Juni 1988 ini merupakan sarjana manajemen di Universitas Methodist Indonesia.

Karmel melanjutkan pendidikan ke Taiwan melalui program pendidikan mahasiswa internasional dari Tunghai University.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved