Tak Miliki TDUP, Usaha Pariwisata Terancam Tutup

Pemkab Bangka bersama DPRD Kabupaten Bangka akan mengesahkan raperda tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata

Tak Miliki TDUP, Usaha Pariwisata Terancam Tutup
Bangka Pos / Nurhayati
Rapat paripurna istimewa penyampaian rekomendasi DPRD Kabupaten Bangka terhadap LKPJ Bupati Bangka Tahun 2015, Selasa (26/4/2016) di ruang paripurna DPRD Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pemkab Bangka bersama DPRD Kabupaten Bangka akan mengesahkan raperda tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Dimana setiap pengusaha yang melakukan kegiatan usaha pariwisata wajib memiliki TDUP.

Oleh karena itu, bagi para pengusaha pariwisata yang tidak memiliki TDUP maka usahanya terancam ditutup.

"TDUP merupakan persyaratan awal dalam penertiban sertifikat usaha. Kalau tidak ada TDUP maka sertifikat usaha tidak dapat dikeluarkan, maka usaha pariwisata akan tutup akhir 2016," tegas Ketua Pansus II DPRD Bangka Sopian saat membacakan rancangan peraturan daerah Kabupaten Bangka tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata, Senin (13/6/2016) pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Bangka.

Dia menyatakan bahwa raperda ini untuk menjamin kepastian hukum khususnya dalam menjalankan usaha pariwisata bagi pengusaha pariwisata.

Selain itu juga memberikan pedoman dalam penyelenggaraan usaha pariwisata.

Diakui Sopian setelah melakukan pembahasan dan pengkajian raperda TDUP imi maka ada beberapa hal penting. Pertama mengingat Rencana Induk Pariwisata Daerah (RIPDA) Kabupaten Bangka belum selesai, maka dipertimbangkan untuk membuat TDUP dalam peraturan bupati sambil menunggu tersusunnya raperda tentang kepariwisataan yang substansinya membuat (RIPDA) dan TDUP.

Kedua setelah melakukan pembahasan kembali antara RIPDA dan TDUP masih berhubungan walaupun berbeda konteks. Jadi TDUP bisa dibuat dalam bentuk perda.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved