Begini Cara Warga Jambi Akali Setelan Parabola Demi Nonton Sepakbola

Banyak masyarakat di Jambi akal-akalan melakukan tracking (melacak) sinyal siaran langsung pertandingan sepak bola.

Begini Cara Warga Jambi Akali Setelan Parabola Demi Nonton Sepakbola
Tribun Jambi
Grafis 

BANGKAPOS.COM, JAMBI - Adanya hak siar pertandingan sepakbola membuat tak semua pencinta bola bisa menyaksikan pertandingan secara langsung.

Bila tak berlangganan televisi kabel, menggunakan antena UHF. Namun, tak semua daerah di Provinsi Jambi bisa menangkap siaran televisi nasional via UHF.

Tak ayal, banyak masyarakat yang akal-akalan melakukan tracking (melacak) sinyal. Terlebih saat ini dua event sepakbola internasional tengah berlangsung. Copa America Centenario di Amerika Serikat dan Piala Eropa atau EURO 2016 di Prancis.

Yang lazim dilakukan dengan piranti parabola demi mendapatkan siaran televisi luar negeri yang menyiarkan pertandingan. Tracking parabola berupa mencari siaran dengan melakukan stel ulang posisi payung (dish) parabola dan memasukkan nomor bis atau biskey ke mesin receiver.

"Arahkan payungnya lebih miring ke Timur. Posisinya sedikit di bawah posisi kemiringan parabola sehari-hari," ujar Alpan, salah seorang tracker parabola, Minggu (12/6) berbagi pengalaman.

Ia katakan, yang disasar dan gampang didapatkan adalah siaran TV China. Karena hanya perlu menggerakkan sedikit dari posisi parabola konvensional.

"Itu kalau pakai (receiver) Goldsat. XJTV-5, Chinasat 6A. Itu nama siarannya," ujar Alpan lagi.

Setelah dirimiringkan sedikit, selanjutnya adalah mencari nama satelit yang dituju. Begitu ditemukan satelitnya, tinggal memasukkan nomor frekuensi dan melakukan stel payung parabolanya.

Tracker lainnya, Zurmen, juga berujar senada. Ia mengatakan biasa menyetel sendiri payung parabolanya. Untuk petunjuk, ia mengatakan ada cukup banyak grup tracking parabola yang ia ikuti.

Biasanya, ujar Zurmen, nomor bis atau biskey acap berubah. Di grup-grup Facebook para tracker itulah mereka saling berbagi informasi mengenai ilmu tracking parabola.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help