42 Perda Babel Dibatalkan, Termasuk Perda Minuman Alkohol yang Disahkan Dua Bulan Lalu

Maskupal menjelaskan dari 42 Perda yang dibatalkan kebanyakan masalah izin dan retribusi uji kelayakan kendaraan bermotor.

42 Perda Babel Dibatalkan, Termasuk Perda Minuman Alkohol yang Disahkan Dua Bulan Lalu
Bangka Pos/Disa Aryandi
Ratusan botol minuman beralkohol (minol) dan makanan kadaluarsa, Kamis (9/6) di amankan di Mapolres Belitung Timur (Beltim). 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang pelarangan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol di Pangkalpinang, yang baru disahkan 14 Maret 2016, dibatalkan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Jokowi juga membatalkan Perda nomor 14 tahun 2011 tentang Pengadaan, Peredaran, Penjualan, Pengawasan Minuman Berakohol dan Pengendalian Minuman Beralkohol Kota Pangkalpinang.

Kedua perda yang dibatalkan ini merupakan bagian dari 3.143 Perda bermasalah di seluruh Indonesia.

Selain itu ada 40 Perda lain di Babel yang dibatalkan. Perda-perda itu tersebar di pemerintah kabupaten dan provinsi. Ada juga satu Peraturan Gubernur (Pergub) yang bernasib sama.

BACA JUGA: KOMJEN TITO CALON TUNGGAL KAPOLRI, LANGKAHI LIMA ANGKATAN DI POLRI

Kepala Biro Hukum Pemprov Babel, Maskupal mengatakan ada ratusan Perda yang tersebar di enam Kabupaten/Kota. Hasil inventarisir, ada 42 Perda yang bertentangan dengan Undang-undang (UU) karena menghambat Investasi dan merugikan masyarakat.

"Ada 42 perda yang tersebar di provinsi, kabupaten, kota di Babel yang akan kita batalkan," kata Maskupal, Selasa (14/6).

Maskupal menjelaskan dari 42 Perda yang dibatalkan kebanyakan masalah izin dan retribusi uji kelayakan kendaraan bermotor. Dengan rincian Perda di Provinsi dan sisanya di Kabupaten dan kota.

Pembuatan satu perda hingga selesai diakuinya, khusus untuk di Babel bervariasi mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 40 juta.

"Bervariasi ada yang satu perda Rp 30 juta dan ada yang Rp 40 juta," pungkasnya sembari menyebutkan anggaran untuk semua perda yang dibatalkan itu mencapai Rp 2 miliar lebih.

Halaman
1234
Editor: Idandi Meika Jovanka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved