Orang Bangka Bisa 17 Kali Sehari ke Jakarta Pergi Pulang Hanya Diwaktu Ini

Penerbangan pesawat dari Jakarta ke Pangkalpinang atau sebaliknya dari Pangkalpinang ke Jakarta cukup padat.

Orang Bangka Bisa 17 Kali Sehari ke Jakarta Pergi Pulang Hanya Diwaktu Ini
nurhayati/bangkapos.com
Wakil Bupati Bangka Rustamsyah memberikan cenderamata kepada Kepala Pembimbing dan Pendamping Brenchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat III Provinsi Jawa Tengah, Kamis (16/6/2016) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Penerbangan pesawat dari Jakarta ke Pangkalpinang atau sebaliknya dari Pangkalpinang ke Jakarta cukup padat.

Penerbangan pesawat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini unik karena terjadi saat-saat momen hari besar keagamaan baik hari besar umat muslim maupun umat Thionghoa.

Dimana penerbangan padat saat momen-momen Idul Fitri, Imlek maupun Ceng Beng.

Kondisi ini disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto kepada para Pembimbing dan Pendamping Nrenchmarking Diklat Kepemimpinan Tingkat III Provinsi Jawa Tengah yang melakukan studi banding ke Kabupaten Bangka, Kamis (16/6/2016) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat.

"Ke Jakarta paling tidak ada 12 kali penerbangan. Jadi bapak/ibu bisa pulang pergi bolak-balik Jakarta Pangkalpinang dalam satu hari kalau mau. Kalau Hari Raya Idul Fitri, Ceng Beng, Imlek bisa 17 kali penerbangan. Ini terjadi pada momen Imlek dan Ceng Beng karena 30 persen penduduk kami ini Thionghoa," ungkap Pan Budi Marwoto.

Bahkan diakuinya Inflasi tertinggi di Indonesia adalah saat menjelang Imlek dan Ceng Beng atau dikenal dengan Sembahyang Kubur.

Saat itulah menurut Pan Budi, sebagian besar masyarakat Thionghoa yang merantau dari berbagai daerah pulang kampung untuk mendoakan arwah lelehurnya di Bangka.

Pada momen itu harga pesawat terbang dari Jakarta-Pangkalpinang atau Pangkapinang-Jakarta saat arus mudik dan balik bisa mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

"Jadi kalau bapak ibu mau merasakan inflasi tertinggi di Indonesia datanglah ke Bangka saat Imlek dan Ceng Beng harga tiket pesawat bisa mencapai Rp 2 juta," kata Mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka ini.

Disisi lain ia menyebutkan saat ini Kabupaten Bangka juga mencoba menghubungkan konektivitas anatara Sumatera-Babel-Kalimantan. Namun belum ada penerbangan langsung ke Kalimantan.

Penerbangan baru ada dari Palembang-Pangkalpinang, Pangkalpinang-Palembang dan Pangkalpinang-Belitung, Belitung-Pangkalpinang.

"Untuk penerbangan ke Palembang dari Pangkalpinang maupun ke Belitung tidak lebih dari satu penghisapan batang rokok hanya sekitar setengah jam," jelas Pan Budi Marwoto.

Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved